Kembali ke Article

5 Obat Batuk Berdahak Paling Ampuh

01 Apr 2020 Khasiat Resep
5 Obat Batuk Berdahak Paling Ampuh
01 Apr/2020

Jangan pernah meninggalkan pengobatan tradisional. Demikian Makanabis mendapatkan pesan penting dari leluhur. Sebab pengobatan tradisional selain mudah dicari, mudah dibuat karena bahanya ada disekitar kita, juga telah terbukti ampuh.

Seperti pengobatan tradisional untuk meredakan batuk berdahak.  Batuk berdahak adalah penyakit yang paling menjengkelkan. Bukan hanya karena membuat tenggorokan gatal, tapi juga susah untuk mengeluarkan dahaknya . Maka dari itu, orang-orang mencari obat batuk berdahak paling ampuh yang dapat menyembuhkan dengan cepat. Apa saja bahannya? Simak laporan Makanabis berikut ini:

Jeruk Nipis & Kecap Manis

Mungkin sudah tidak asing lagi jika campuran jeruk nipis dan kecap manis adalah bahan alami yang banyak digunakan  untuk menyembuhkan batuk berdahak. Cara membuatnya dengan mencampurkan air perasan jeruk nipis dengan satu sendok kecap manis. Bisa juga dicampurkan dengan madu jika tak terlalu suka dengan kecap manis. Dan untuk menyembuhkan batuk berdahak dapat diminum dua sampai tiga kali sehari sampai penyakit tersebut menghilang.

Ramuan Jahe

Jahe, tanaman obat yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit, salah satunya adalah batuk berdahak. Kandungan jahe  dapat mengusir bakteri penyebab batuk berdahak. Jika ingin menyembuhkan penyakit membandel ini dengan jahe sangatlah mudah. Caranya adalah rebus beberapa irisan jahe lalu tambahkan gula. Ramuan ini lebih bagus jika diminum dalam kondisi hangat. Cukup sehari sekali saja sampai batuk hilang.

Asam & Gula Merah

Asam jawa dan gula merah tak hanya bisa digunakan untuk bahan dapur aja. Bahan-bahan ini juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit khususnya batuk berdahak. Cara mengolahnya sangat mudah, seduh sepuluh daging buah asam jawa di air panas kemudian tambahkan gula merah. Dan yang perlu diingat, minuman ini harus dikonsumsi saat masih hangat.

Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh juga memiliki khasiat menyembuhkan batuk berdahak. caranya parut belimbing wuluh yang sudah dibersihkan sampai halus. Jika sudah hasil parutan tadi direbus dan ditambahkan garam. Selanjutnya saring dan buang ampas belimbing wuluh yang direbus tadi. Hasil saringan tadi diminum dua kali sehari tiap pagi dan sore.

Rebusan Daun Kayu Putih

Tidak banyak yang tau kalau daun kayu putih ini mempunyai khasiat untuk menyembuhkan batuk berdahak sekaligus menghangatkan badan. Cara pembuatan ramuan dari tanaman ini adalah rebus 10 – 15 gram daun kayu putih ini dan biarkan sampai menghangat. Minumlah rebusan air tersebut secara rutin sampai batuk benar-benar hilang. Paskalis Andrew.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH