Kembali ke Article

5 Sarapan Khas Bogor

26 Feb 2020 Selera Nusantara
5 Sarapan Khas Bogor
26 Feb/2020

Pernah berkunjung ke Bogor? Ya, kota yang dijuluki kota hujan ini memang mempunyai daya tarik tersendiri untuk dikunjungi, apalagi untuk mengisi waktu liburan kita. Biasanya jika berkunjung ke tempat baru, pertama kali yang ingin kita coba adalah wisata kulinernya. Penasaran dengan makanan yang khas di tempat baru tersebut. Kali ini makanabis akan mengulik sedikit tentang makanan-makanan khas Bogor yang pas untuk sarapan. Makanan apa saja itu? Yuk, kita simak ulasan Makanabis berikut ini.

Doclang

Doclang yang diambil dari singkatan medhok pake kacang. Makanan ini terdiri dari lontong, tahu, kentang dan telur disiram dengan bumbu kacang. Medhok karena rasa dari bumbu kacangnya yang sangat kental yang terbuat dari kacang dan gula merah yang sangat banyak. Doclang hampir mirip dengan ketoprak namun rasa bumbu kacangnya lebih manis.

Toge Goreng

Satu lagi makanan khas Bogor yang sangat nikmat untuk dijadikan santapan pagi adalah toge goreng. Meskipun namanya toge goreng tetapi kenyataannya makanan tersebut tidak digoreng sama sekali tetapi toge tersebut direbus bersama dengan mi kuning ditambah bumbu tauco yang disajikan dengan lontong. Yang menjadikan makanan tersebut sangat khas yaitu tambahan bumbu tauco yang agak asam.

Cungkring

Unik ya namanya? Salah satu sarapan khas dari Bogor adalah cungkring. Dinamakan cungkring karena bahan dasar makanan ini adalah kikil sapi. Cungkring artinya kikil sapi. Disajikan dengan alas dari daun pisang, dimakan dengan lontong dan bumbu kacang, seperti sate hanya saja sedikit kenyal.

Laksa

Makanan khas kota hujan tersebut terdiri dari ketupat, toge, bihun, dan daun kemangi. Sangat spesial karena ditambah oncom sebagai pengganti udang rebon. Oncom tersebut yang menjadikan rasa laksa menjadi sangat khas sebagai makanan Bogor. Ditambah dengan kuah kuning yang kental ditambah dengan parutan kelapa yang juga dimasukkan dalam kuah tersebut. Tak lupa dengan taburan kelapa sangrai atau serundeng.

foto:wiki
foto:wiki

Dodongkal

Selain makanan berat, ada juga jajanan khas Bogor yang dapat dijadikan alternatif untuk sarapan yaitu salah satunya adalah dodongkal. Jajanan ini terbuat dari tepung beras yang dikukus. Penyajiannya dinikmati bersama gula merah cair dan taburan kelapa parut. Rasanya gurih dan manis.

Nah, itu tadi sedikit rekomendasi makanabis tentang makanan yang pas untuk dijadikan sarapan jika kalian berkunjung ke Bogor. Selain rasanya yang enak, makanan khas Bogor tersebut juga ramah di kantong karena harganya cukup terjangkau. Selamat berlibur dan selamat menikmati.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH