Kembali ke Article

5 Tips Wajan Tahan Lama

29 Mar 2020 Tips n Trick
5 Tips Wajan Tahan Lama
29 Mar/2020

Perabot rumah tangga yang sering digunakan untuk memasak salah satunya adalah wajan atau penggorengan, alat penting untuk memasak yang wajib ada di dapur kita.  Biasanya terbuat dari besi atau aluminium. Digunakan untuk menggoreng dan menumis masakan. Karena terlalu sering digunakan membuat wajan jadi cepat rusak atau kotor. Tetapi agar tidak mudah rusak, kita dapat memperhatikan cara merawat dan menggunakan wajan dengan benar, seperti ulasan tips dari Makanabis berikut ini.

1. Gunakan Spatula Kayu

Agar wajan tidak mudah rusak, sebaiknya saat memasak gunakanlah spatula dari kayu. Karena spatula bukan kayu akan menyebabkan wajan tergores sehingga permukaan wajan akan rusak. Goresan-goresan yang ditimbulkan membuat buruk penampilan si wajan.

2. Rendam Air Hangat

Biasanya selesai memasak menggunakan wajan, ada sisa-sisa makanan yang tertinggal pada wajan. Jika tidak segera dibersihkan, hal ini akan meninggalkan noda pada wajan. Agar hal ini tidak terjadi, selesai menggunakan wajan segera rendam dengan air hangat sehingga noda makanan tidak sempat menempel terlalu lama pada wajan. Niscaya wajan akan selalu bersih.

3. Jangan Cuci Langsung

Setelah menggunakan wajan, sebaiknya jangan langsung mencuci wajan. Hal ini dikarenakan wajan masih dalam kondisi panas. Biarkan wajan dingin dahulu sebelum mencucinya dengan cara menyimpan wajan sampai suhunya kembali normal agar wajan tidak mudah rusak dan awet.

4. Telungkupkan Wajan

Penyimpanan wajan juga harus diperhatikan untuk menjaga keawetannya. Usahakan menyimpan wajan dengan rapi dan dalam posisi ditelungkupkan agar terhindar dari goresan. Selain dalam posisi tersebut, menyimpan wajan juga bisa dilakukan dengan cara digantung. Sebaiknya menyimpan wajan jangan ditumpuk dengan perabot memasak yang lain agar tidak mudah rusak.

5. Gunakan suhu sedang

Saat memasak menggunakan wajan, sebaiknya jangan dengan api besar karena menyebabkan suhu terlalu panas. Suhu yang terlalu panas dapat merusak lapisan bawah wajan sehingga wajan jadi mudah mengelupas pada lapisan bawahnya. Jika lapisan bawah wajan mengelupas maka wajan jadi mudah lengket saat digunakan untuk menggoreng. Gorenganpun hasilnya jadi kurang memuaskan. Gunakan suhu sedang agar wajan tetap awet.

Nah, itulah beberapa tips dari Makanabis agar wajan lebih tahan lama. Lebih hemat karena tidak perlu sering-sering membeli perabot yang baru untuk menggantikan perabot yang cepat rusak. Semoga tips tersebut dapat menambah wawasan kita.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew.

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

JELAJAH