Kembali ke Article

6 Jenis Kecap dan Kegunaannya

18 May 2020 Headline Ragam
6 Jenis Kecap dan Kegunaannya
18 May/2020

Ternyata ada banyak jenis kecap yang beredar dan sangat berguna saat memasak. Makanabis.com mencatat, sedikitnya ada 6 jenis kecap. Dan bukan hanya di kuliner Nusantara saja, kecap ini juga banyak digunakan oleh kuliner di manca negara.

 

Berikut ini, makanabis.com merangkum 6 jenis kecap yang banyak digunakan dalam kuliner. Bahkan beberapa jenis kecap ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kuliner tersebut. 

 

Kecap Manis

 

Semua kecap nomor 1. Demikian populernya kecap manis di Indonesia, sampai-sampai semua kecap mengklaim sebagai nomor 1.  Kecap adalah penambah cita rasa dalam berbagai masakan lokal, mulai dari nasi goreng, ayam kecap, hingga semur. Bahkan, nggak sedikit pula yang menambahkannya pada sajian soto, bakso, dan mie ayam.

 

Kecap manis dibuat dari fermentasi kedelai hitam yang dicampur dengan aneka rempah. Campuran bahan dan proses kimia inilah yang membuat warna hitam pekat dan teksturnya kental.  

Kecap Asin

 

Sama berbahan dasar kedelai namun tekstur, rasa, dan fungsi kecap asin jelas jauh berbeda dengan kecap manis. Rasanya dominan asin dengan  tekstur yang lebih encer. Kecap asin kerap digunakan sebagai pengganti garam dapur. Biasanya, kecap yang satu juga dimanfaatkan untuk berbagai sajian masakan Cina.

Kecap Ikan

 

Dominan berasa asin namun bahan dasarnya menggunakan ikan yang difermentasi.  Kecap ikan dibuat dengan cara menggarami ikan dan membiarkannya berfermentasi di dalam wadah tertutup selama beberapa bulan. Selain asin aroma ikan jelas membuat rasa masakan menjadi mantap. Sering kali ditambahkan pada masakan laut, Jepang atau tumisan.

Kecap Inggris

 

Orang barat  sering menyebutnya dengan nama worcestershire sauce atau worcester sauce,   kecap Inggris terbuat dari berbagai campuran seperti cuka, molase, gula jagung, air, cabai, kecap asin, lada hitam, asam jawa, anchovy, cengkeh, dan aneka bawang. Rasanya sedikit asin dan umumnya digunakan pada aneka bistik, sapi lada hitam, hingga ayam goreng mentega.

Kecap Jepang

 

Dalam bahasa aslinya kecap Jepang bernama shoyu. Juga merupakan hasil fermentasi kedelai dengan rasa yang sedikit asin dan gurih. Ada dua jenis shoyu dipasaran, yaitu koikuchi yang lebih pekat dengan aroma yang kuat, serta usukuchi yang lebih encer dan ringan.

Kecap Jamur

 

Kecap ini menggunakan tambahan jamur sebagai bahan dasarnya. Selain digunakan pada aneka masakan Cina, kecap jamur juga seringkali ditambahkan pada hidangan vegetarian.

 

Bagaimana ulasan makanabis.com? sudah menambah khasazah kuliner Anda bukan? Ikuti terus info dan ulasan seputar dunia kuliner di makanabis.com. wsn

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami di dunia kuliner dinamai kaviar. Kaviar menjadi...

JELAJAH