Kembali ke Article

6 Jenis Makanan Aman Bagi Lambung

18 Dec 2020 Khasiat
6 Jenis Makanan Aman Bagi Lambung foto : india express
18 Dec/2020

Setelah menampilkan makanan penyebab asam lambung, kali ini makanabis akan menguraikan beberapa jenis makanan yang bersahabat dan aman bagi lambung. Jenis-jenis makanan yang aman bagi lambung ini tersedia melimpah. Dan mengkonsumsinya secara benar dan teratur akan menjauhkan dari serangan asam lambung yang sangat mengganggu. 

foto : webmd
foto : webmd

Sayuran

 

Beberapa jenis  sayuran secara alami memang rendah lemak dan gula. Sayuran juga dapat mengurangi asam lambung agar tidak meninggi. Beberapa jenis sayuran ramah lambung tersebut adalah kacang hijau, brokoli, asparagus, kembang kol, sayuran hijau, kentang, dan mentimun.

 

Jahe

 

 

Jahe  aman bagi lambung karena memiliki anti-inflamasi alami, sebuah zat yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Makanabis mengutip Healthline, konsumsi parutan jahe yang dicampur ke dalam makanan atau minuman merupakan salah satu cara mengurangi timbulnya gejala asam lambung.

foto : webmd
foto : webmd

Oatmeal

 

Oatmeal adalah sumber serat terbaik yang menyehatkan. Kadungan seratnya yang tinggi adalah cara alamiah untuk menurunkan risiko asam lambung. Manfaat serat dari oatmeal ini juga dapat diperoleh dari roti gandum. Oatmeal juga dapat ditambahkan pada saat menanak nasi hingga dihasilkan asupan karbohidrat yang kaya serat.

 

Buah Non-Sitrus

 

 

Setelah mengetahui buah-buhan sitrus sangat tidak bersahabat bagi lambung. Kini saatnya mengetahui beberapa buah yang sangat ramah bagi lambung. Buah-buahan seperti melon, pisang, apel, dan pir, cenderung tidak memicu gejala refluks, sehingga sangat aman untuk dikonsumsi penderita sakit lambung. Beberapa buah non sitrus lainnya juga dapat dikonsumsi agar lambung tetap sehat.

foto : recipe corner
foto : recipe corner

Daging dan Seafood Tanpa Lemak

 

Saat asam lambung tinggi, atau memang sudah memiliki riwayat penyakit ini sebelumnya, makanabis menyarankan untuk tidak konsumsi semua jenis jerohan dan makanan yang tinggi lemak. Konsumsi daging rendah lemak, seperti ayam, kalkun, ikan rendah lemak, justru bisa mengurangi gejala refluks asam. Dan cara pengolahan terbaik dari daging adalah dengan merebusnya atau memanggangnya.

 

Putih Telur dan Lemak Sehat

 

 

Putih telur adalah pilihan makanan bagi penderita gangguan lambung, karena tidak mengandung banyak lemak. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi lemak, justru dapat berakibat munculnya gejala refluks. Dan sebaiknya  putih telur   tidak digoreng, melainkan direbus. Selain itu Makanan lainnya adalah kelompok sumber lemak sehat seperti alpukat, kenari, biji rami, minyak zaitun, minyak wijen dan minyak biji bunga matahari yang baik untuk lambung. 

Article Lainnya


Cara Alami Obati  Radang  Usus   Buntu

Cara Alami Obati Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yan...

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya, tubuh memperoleh bahan ...

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Cumi Goreng Tepung Mantul

Cumi Goreng Tepung Mantul

Asal tidak terlalu lama memasaknya, cumi adalah hidangan seafood yang sangat lezat. Dipadupadankan d...

JELAJAH