Kembali ke Article

6 Jus Penurun Kolesterol

09 Jun 2021 Healthy Food Khasiat
6 Jus Penurun Kolesterol source : curefit
09 Jun/2021

 

Belum banyak yang tahu jika ternyata obat kolesterol adalah jus buah. Jus penurun kolesterol tidak hanya enak di mulut  tapi juga enak di perut.  Kolesterol tinggi penyebab  utama beberapa penyakit akut seperti  seperti stroke, serangan jantung,  aterosklerosis alias  penyempitan pembuluh darah, dan angina.

 

 

 

Jus buah apa saja yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah? Sedikitnya ada 6 jenis jus yang terbukti secara ilmiah mampu meredam naiknya kolesterol dalam darah. Beberapa jenis buah tersebut memang mengandung zat atau senyawa layaknya obat penurun kolesterol, berikut ini ulasannya : 

source : cuisinart
source : cuisinart

 

Jus Mangga

 

Jus mangga juga dapat dijadikan sebagai jus penurun kolesterol. Selain rasanya yang manis, mangga juga kaya akan vitamin C yang dapat mencegah produksi kolesterol jahat. Kandungan serat di dalamnya juga dapat mengurangi kolesterol jahat yang masuk ke dalam  pembuluh darah. 

 

 

Jus Jeruk Nipis

 

Jeruk nipis kaya kandungan flavonoid.  Zat ini mampu menghambat produksi kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga mampu mencegah rusaknya jaringan tubuh atau pembuluh  akibat kolesterol tinggi dan mencegah  penyakit jantung. Dengan rutin mengonsumsi jus jeruk nipis, kadar kolesterol dapat menurun.

source : good housekeeping
source : good housekeeping

 

Jus Lemon

Jus  lemon sangat digemari dan banyak ditemukan di cafe dan resto. Lemon tinggi  kandungan vitamin C nya yang sangat berkhasiat. Satu gelas   jus lemon segar, mengandung Vitamin C sebanyak 94 mg dan lemon mentah mengandung vitamin C sebanyak 112 mg.  Vitamin C dalam lemon mampu mengurangi produksi apo-B yang memicu bertambahnya jumlah kolesterol dalam darah.

 


 

Jus Jambu Biji

 

Jambu biji banyak mengandung  likopen, yaitu zat yang dapat membatasi dan mengontrol  produksi kolesterol dalam tubuh. Buah ini juga kaya akan vitamin C, vitamin E, flavonoid, karotenoid, dan selenium. Zat flavonid sangat berpengaruh dalam menurunkan kolesterol tinggi.

source : mnt
source : mnt

 

Jus Delima

Jus penurun kolesterol berikutnya buah delima. Delima  mampu mengatasi kolesterol tinggi dan menghilangkan plak  dalam pembuluh darah. Hal tersebut dikarenakan, buah delima dapat meningkatkan produksi oksidan nitrat  yang berfungsi untuk mengurangi plak dalam pembuluh darah.

 

 

Jus Anggur

Seperti halnya jambu biji,  anggur  juga banyak mengandung flavonoid  yang berguna untuk menurunkan kolestrol, mencegah penggumpalan darah, dan menangkal radikal bebas. Selain itu, buah anggur juga banyak mengandung serat dan zat catechin yang dapat menurunkan kolesterol.

 

 

Article Lainnya


7 Cara Cepat  Putihkan Selangkangan

7 Cara Cepat Putihkan Selangkangan

Salah satu bagian tubuh yang tertutup adalah selangkangan. Walau tertutup, lipatan ini memil...

Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Viral Perubahan Wajah Usai Santap BTS Meal

Antrean driver ojek online yang memesan menu BTS Meal di sejumlah daerah terpaksa dibubarkan...

Bahaya,,,,Ini Efek Samping Bawang Merah !!

Bahaya,,,,Ini Efek Samping Bawang Merah !!

Bawang merah bahan makanan padat nutrisi yang rendah kalori. Bawang merah juga tinggi nutris...

7 Waktu Tepat Minum Air

7 Waktu Tepat Minum Air

Cukup minum air setiap hari memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Karena setiap o...

JELAJAH