Kembali ke Article

6 Kebiasaan Makan Unik, Indonesia Banget

05 Nov 2019 Headline Ragam
6 Kebiasaan Makan Unik, Indonesia Banget
05 Nov/2019

Penduduk negara berflower ini punya beragam keunikan yang enggak ada habisnya. Salah satunya adalah kebiasaan makan. Kebiasan makan yang dilakukan oleh masyarakat +62 ini kerap membuat penduduk di belahan negara lainnya terkejut terheran-heran. Dibawah ini makanabis beber  daftar kebiasaan warga negara Indonesia ketika makan. Kamu juga begini?

foto:republika
foto:republika

No Sambal, No Life

Kurang afdol bagi masyarakat Indonesia jika makan tanpa menggunakan sambal. Dengan sambal, cita rasa makanan jadi lebih enak dan ‘menantang’. Keberagaman sambal yang dimiliki oleh Indonesia, bikin kita enggak akan pernah kehabisan sambal untuk dicicipi. Ada sambal terasi, sambal dabu-dabu, sambal mangga, sambal matah hingga sambal lainnya. Kalau enggak ada, makanan rasanya seperti ‘hambar’.

foto:grid
foto:grid

Wajib Kerupuk

Selain sambal, hal lainnya yang enggak boleh ketinggalan adalah kerupuk. Beberapa makanan Indonesia juga kerap harus dinikmati dengan kerupuk supaya lebih nikmat. gado-gado, semanggi, soto, rawon dan beberapa makanan Indonesia lainnya lebih enak dimakan dengan kerupuk. Entahlah, mungkin tekstur kerupuk yang renyah dan gurih, membuat cita rasa makanan semakin lezat dan enggak ‘boring’. Apalagi kerupuk di Indonesia ada banyak banget jenisnya, mulai dari kerupuk putih, kerupuk udang hingga kerupuk puli. Banyak pilihan!

foto:djounal
foto:djounal

Makan Mie Pakai Nasi

Dua-duanya adalah sumber karbohidrat, tapi orang Indonesia biasa mengonsumsinya bersamaan. Gak pernah bisa puas hanya dengan mengonsumsi mie instan tanpa sepiring nasi. Katanya sih, biar lebih kenyang. Sayangnya kebiasaan ini cukup berbahaya, lho. Kamu termasuk yang suka makan mie instan pakai nasi atau enggak, nih?

foto:harnas
foto:harnas

Jeroan 

Di luar negeri, bagian jeroan kerap dibuang dan tidak dikonsumsi. Di Indonesia, jeroan malah menjadi makanan surgawi bagi sebagain orang. Gurih dan nikmatnya membuat lidah tidak bisa menolak kehadiranya. Mulai dari usus, hati, rempela, sikat semua deh!

foto:ist
foto:ist

Pakai Tangan dan Lesehan 

Orang Indonesia suka banget makanan lesehan, alias makan sambil duduk di lantai yang beralaskan tikar. Gak heran, ada banyak restoran di Indonesia yang menawarkan tempat ‘lesehan’. Alih-alih menggunakan sendok, orang Indonesia lebih suka menyantap makanan dengan menggunakan tangan. Sayangnya enggak semua makanan bisa dimakan menggunakan tangan, dan harus menggunakan sendok.

Belum Makan Jika Belum Makan Nasi

Ini aturan penting di Indonesia. Meskipun di siang hari kamu sudah makan fish and chips, atau bubur, atau makan kue dalam jumlah banyak hingga bikin perutmu kekenyangan, kamu akan dianggap belum makan siang. Kenapa? Karena kamu belum makan nasi. Kalau sudah makan nasi, baru dianggap sudah makan. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

 

 

Article Lainnya


4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Pepaya buah yang terbilang sangat terjangkau dari sisi harga. Meski murah namun papa...

Nasi  Ayam Hainan  Homemade

Nasi Ayam Hainan Homemade

Dalam bahasa aslinya, nasi Hainan bernama hanzi atau hanyu piyin. Meski berasal dari...

JELAJAH