Kembali ke Article

6 Keju Terpopuler di Indonesia

26 May 2020 Headline Ragam
6 Keju Terpopuler di Indonesia
26 May/2020

Produk olahan susu bertekstur lembut dengan rasa asin yang cukup kuat.  Keju adalah bahan yang cocok dengan untuk hampir semua hidangan. Tapi  perlu diingat, beda sajian, beda pula jenis keju yang digunakan.

 

Saat makanabis.com mencoba mengulik keju, ternyata hampir disemua makanan modern memasukkan keju sebagai bahan tambahannnya.  Burger, pizza, donat, cake, minuman dan masih banyak yang lainnya.

  

Meski berasal dari Eropa, namun pamor keju cukup terkenal di Indonesia. Dari puluhan  (ada juga yang menyebut ratusan) jenis keju, makanabis.com mencatat sedikitnya ada 6 jenis keju yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Berikut ini keju-keju tersebut:

Keju Cheddar

 

Harganya yang terjangkau membuat cheddar sangat umum dan banyak dipakai di Indonesia. Warnanya yang cerah membuatnya cocok dipadu padankan dengan berbagai hidangan. Dengan tekstur yang cenderung keras dan tak mudah meleleh, cheddar di Indonesia banyak digunakan sebagai topping kue kering. Sedang untuk dipakai bersama burger adalah red cheddar yang sebetulnya berwarna orange

Keju Mozzarella

 

Tiga tahun belakangan ini,   mozzarella memang menjadi tren di Indonesia.  Terbuat dari susu kerbau, ciri khas keju mozzarella adalah teksturnya yang sangat lembut, agak berair, dan punya rasa asin yang tak terlalu kuat. Dalam kondisi normal, mozzarella berwarna putih seperti tahu. Tapi setelah dioleh warna akan sedikit keruh dengan tekstur liat cenderung cair. Sering digunakan sebagai topping pizza atau pasta karena sifatnya yang mudah leleh saat dipanaskan. Saat meleleh, keju mozzarella akan menghasilkan efek mulur yang membuat hidangan semakin menggugah selera.

Keju Raclette

 

 

Raclette  bertekstur lumer dan mulur saat disantap.  Selain mozzarella, keju raclette termasuk jenis keju yang kini populer di Indonesia. Kalau Anda sering menyantap steik, maka toppingnya adalah keju raclette atau disajikan sebagai fondue. Penyajiannya pun cukup menarik, yakni dengan cara memanaskan permukaan keju lalu langsung dituangkan di atas makanan. Hal ini karena keju ini agak keras sehingga harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum siap disantap.

Keju Parmesan

 

keju parmesan butuh waktu dua tahun untuk siap dikonsumsi. Tentu saja hal ini membuat harganya jadi selangit.  Memiliki nama asli Parmigiano-Reggiano, parmesan termasuk jenis keju keras yang memilki cita rasa dan aroma kuat.  Di Italia, keju dari susu sapi ini biasanya digunakan sebagai penambah rasa pada aneka sup, pizza, hingga pasta. Sedangkan di Indonesia, keju parmesan biasanya juga digunakan sebagai penguat aroma pada kue kering.

Keju Edam

 

Tidak seperti kebanyakan keju, keju edam berasal dari Belanda. Tampilannya berbeda dengan keju kebanyakan yakni   dilapisi oleh sejenis lilin berwarna merah terang. Keju berwarna kuning keemasan ini termasuk ke dalam jenis keju semi lunak dan bercita rasa asin-gurih menyerupai kacang. Di Belanda edam sering menjadi teman saat minum wine, tapi di Indonesia dipakau sebagai campuran pada kue kering.

Keju Emmental

 

Emmental adalah jenis keju yang paling digambarkan dalam film kartun. Film Tom and Jerry kerap menampilkan keju ini.  Tampilan keju yang berlubang-lubang memang menjadi ciri khas keju asal Switzerland ini. Uniknya, semakin tua usia keju emmental, diameter bulatan di permukaan keju ini juga semakin lebar. Keju bertekstur lembut ini punya rasa gurih yang tak terlalu kuat, sehingga cocok disantap secara langsung. Keju emmental juga cocok disajikan sebagai isian burger, dipanggang, atau diolah menjadi cheese fondue. wsn

 

Article Lainnya


‘Rumus’ Jus dan Smoothie

‘Rumus’ Jus dan Smoothie

Menggabungkan bahan makanan menjadi tren tersediri beberapa tahun terakhir ini. Dunia kuline...

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Jus VS Smoothie, Pilih Mana??

Setelah mengulas plus minus alat pengolah buah dan sayuran, kini makanabis.com kembali akan ...

Sekilas Laksa

Sekilas Laksa

Sampai saat ini masih belum jelas asal usul laksa. Makanabis.com mendapati ada ada tiga teor...

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

JUICER VS BLENDER, MANA YANG LEBIH BAIK?

Mungkin kita sering bertanya mengenai mana yang lebih baik: juicer atau blender? Mana yang lebih mem...

JELAJAH