Kembali ke Article

6 Khasiat Kale, Si Ratu Sayuran

17 Sep 2020 Headline Khasiat
6 Khasiat Kale, Si Ratu Sayuran Ratu sayuran foto : time
17 Sep/2020

Kale atau borecole sayuran berwarna hijau dan ungu ini yang masih punya hubungan dekat  dengan kubis, kailan, dan brokoli. Sayur  kale mengandung segala nutrisi yang sangat  dibutuhkan tubuh. Kale  kaya  vitamin A, C, D, E, B1, B2, B3, B6,B9, K, kolin, besi, magnesium, mangan, fosfor, dan garam seperti K, Na dan Zn. 

 

 

 

Sebuah jurnal ilmiah yang dikutip makanabis bahkan menyebutkan, ale  memiliki kandungan gizi dan vitamin yang jauh melebihi sayuran manapun. Kale adalah 'superfood' atau 'queen of vegetable.' Julukan lebay?? Sama sekali tidak!   Dibandingkan dengan bayam yang kaya nutrisi, kale masih memimpin. Kalsium dan protein, kale jauh melebihi bayam. Satu porsi kale memiliki lebih dari empat kali lipat jumlah vitamin C dan lebih banyak vitamin A daripada bayam dengan porsi yang sama. 

Biasa digunakan pada salad, foto : ist
Biasa digunakan pada salad, foto : ist

Pembentukan hemoglobin
Ternyata kandungan zat besi kale sangat tinggi, bahkan melebihi kandungan zat besi yang ada di dalam daging hewani. Zat besi sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan hemoglobin dan enzim pembawa oksigen ke seluruh tubuh.

 

 

 

Pencernaan
Selain zat besi,  kale juga sangat tinggi serat, namun memiliki kadar kalori yang rendah dan kandungan lemak yang sedikit sehingga baik untuk pencernaan. Walau kale mengandung sedikit lemak, namun sebagian besar lemak di dalamnya adalah asam lemak omega 3 yang disebut alpha linolenic acid. 

foto : stonesoup
foto : stonesoup

Mencegah kanker
Kandungan vitamin K, karotenoid, dan flavonoid dalam kale diperlukan untuk mencegah serangan dari aneka jenis kanker. Peningkatan jumlah vitamin K juga bisa mengurangi kemungkinan terserang Alzheimer.

 

 

Menyehatkan Jantung
Mengonsumsi rutin kale  terbukti   dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dampak dari terkontrolnya kolesterol dalam darah adalah bersihnya pembuluh dari dari plank atau endapan lemak sehingga darah lancar mengalir dan menjauhkan dari serangan jantung. 

foto : daily meal
foto : daily meal

Mengobati penyakit Dalam
Penyakit seperti arthritis, asma, dan penyakit autoimun dapat diobati lewat kandungan senyawa anti inflamasi dan asam lemak omega 3 di dalam kale. Konsumsi kale secara teratur akan menjauhkan dan mencegah  penyakit dalam tersebut.

 

 

Membersihkan Racun
Masih belum banyak yang mengetahui jika dalam kale terkandung nutrisi isothiocyanates dan glucosinolates yang dapat membantu melawan hingga menghilangkan racun dari dalam tubuh. Dengan minimnya racun dalam tubuh, kesehatan tubuh akan jauh lebih terjamin.

 

 



Article Lainnya


 Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Penyakit Kelas Berat,,,,,Lagi-Lagi Obatnya Hanya Ciplukan

Pada edisi lalu, makanabis mempublish manfaat daun pohon ciplukan bagi kesehatan. Respon pembaca mak...

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Semua pasti setuju, karang gigi membuat pemandangan mulut terlihat kurang sedap ...

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang putih digunakan sebagai bumbu masak hampir di seluruh dunia. Rasanya yang...

JELAJAH