Kembali ke Article

6 Kuliner Khas Medan Wajib Coba

11 Sep 2021 Ragam Selera Nusantara
6 Kuliner Khas Medan Wajib Coba
11 Sep/2021

 

Medan adalah  kota multikultural, namun sebagian besar berasal dari suku Batak. Meski begitu, varian kuliner Batak tidak lantas mendominasi kuliner di sana. Ada banya percampuran kuliner khas etnis lain selain Batak yang membuat cita rasa kuliner di Medan luar biasa. Berikut ini makanabis akan mereview 6 kuliner asli Medan yang wajib coba.

 

 

Lontong Medan

 

Lontong Medan menjadi salah satu kuliner lokal terpopuler di Medan yang cocok untuk disantap saat sarapan. Isinya kuah santan berisi nangka muda, kacang panjang, sambal teri dan kacang, sambal tauco, bihun, dan lontong. Umumnya memiliki rasa yang pedas sehingga memberikan kuah yang memiliki warna merah dari cabai merah.

 

Beberapa orang terkadang menikmatinya dengan telur rebus dan kentang tumbuk. Ada satu tempat yang menjadi begitu populer di Medan untuk menikmati lontong Medan restoran tersebut bernama Lontong Kak Lin yang berlokasi di sekitar Jalan T. Cik Ditiro, Polonia, Medan.

 

Mie Gomak

Mie Gomak mungkin tidak ada di kota lain selain di Medan. Berisi mie khusus dari Medan yang orang Medan sebut sebagai Mie Lidi. Mie Gomak memiliki rasa gurih yang berasal dari kombinasi bumbu paling umum dalam masakan Indonesia, sedikit gula, dan garam. Uniknya, makanan ini berisi singkong yang jarang dikonsumsi sebagai hidangan utama. 

 

Mie Gomak awalnya berasal dari kabupaten Balige, daerah yang tidak jauh dari danau Toba.  Itulah mengapa mie gomak  bisa dengan mudah ditemukan  di sekitar pasar tradisional Balige yang terletak di sekitar Jalan Sisingamangaraja, Kabupaten Toba Samosir.

 

Soto Udang  

Soto Udang Medan menjadi salah satu kuliner khas Medan yang paling terkenal setelah Lontong Medan. Hampir mirip dengan soto biasa di Indonesia, namun kuahnya lebih kental dibandingkan Soto biasa.

 

 

Soto Medan biasanya dimakan dengan udang, nasi, rempeyek, dan kentang tumbuk. Sangat cocok untuk sarapan dan juga saat musim penghujan.  Tidak sulit untuk menemukan restoran Soto Medan di sana yang bisa Anda temukan dengan mudah buka dari pagi hingga siang hari.

 

Kari Bihun Tabona

 

 

Kari Bihun Tabona  berisi kuah santan yang diisi dengan bihun, daging sapi, dan kentang. Memiliki rasa pedas dan kaya  rempah-rempah khas Nusantara. Kari Bihun Tabona bisa Anda temukan dengan mudah di restoran Tabona yang terletak di sekitar jalan Mangkubumi, Medan.  

 

Kolak Durian

 

 

Kolak Durian menjadi salah satu kuliner lokal yang sangat populer di Medan sejak lama. Isinya buah durian yang dicampur dengan ketan, pisang kepok lokal, dan jagung manis. Kolak Durian memiliki rasa yang manis dengan aroma durian yang khas. Kudapan  ini menjadi salah satu  kuliner khas Medan. source : factofindonesia

 

Article Lainnya


5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Panjang Umur? Secangkir Kopi Setiap Hari

Kopi sering kali dianggap sebagai penyebab dari berbagai macam penyakit seperti jant...

Mengolah Daging Bebek Cepat Empuk dan Anti Amis

Mengolah Daging Bebek Cepat Empuk dan Anti Amis

Bebek memiliki daging yang lebih gurih dan padat daripada ayam sehingga banyak sekali penggemar dagi...

JELAJAH