Kembali ke Article

6 Manfaat Menyantap Kepiting

20 Nov 2020 Khasiat
6 Manfaat Menyantap Kepiting foto : amazon
20 Nov/2020

Kepiting adalah makanan laut yang memiliki banyak penggemar. Selain cita rasanya yang lezat, kepiting ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Ahli gizi menyarankan setidaknya mengonsumsi daging kepiting dua atau tiga kali seminggu. Penelitian juga mengungkapkan bahwa daging kepiting membuat kamu terlindung dari penyakit jantung kronis dan memberi energi untuk tubuh. 

 


Makanabis melansir Boldsky menemukan fakta banyak sekali manfaat daging kepiting bagi kesehatan kesehatan. Menarik untuk mengulik manfaat kepiting yang selama ini banyak diisukan menyebabkan kolesterol.

foto : healtline
foto : healtline

 

Menjaga Berat Badan

Daging kepiting sangat rendah kalori  karena hanya mengandung sekitar 1,5 gram lemak. Ini menjadikan daging kepiting sebagai pilihan sempurna untuk mereka yang sedang diet. Dengan konsumsi daging kepiting dapat menjaga berat badan mencapai posisi ideal.

 



Meningkatkan Penglihatan 

belum banyak yang tahu jika kepiting adalah sumber vitamin A.  Vitamin A mengandung senyawa organik seperti retinol, retina, asam retinoat, dan beta-karoten yang berkontribusi terhadap kesehatan mata dengan memainkan peran utama dalam siklus visual dan mencegah degenerasi makula dan katarak.

foto : ist
foto : ist

Mencegah Kerusakan Sel  

Daging kepiting kaya selenium, mineral penting. Tugas utama selenium mencegah sel dan jaringan dari kerusakan potensial yang disebabkan oleh radikal bebas. Selenium juga bekerja dengan memainkan peran penting dalam berfungsinya hormon tiroid, dengan melindungi kelenjar tiroid terhadap kerusakan oksidatif sehingga membantu dalam produksi hormon tiroid.

 


Melindungi Jantung 

Sejak lama daging kepiting merupakan sumber asam lemak omega 3, selenium, dan tembaga yang membantu mengontrol dan menurunkan kolesterol jahat. Dengan kolesterol jahat yang terkontrol maka risiko serangan jantung dan stroke dapat diminimalisir. Daging kepiting juga rendah lemak jenuh, penelitian juga menunjukkan bahwa kepiting mengandung sterol yang menghambat penyerapan kolesterol dan meningkatkan ekskresi kolesterol dalam masalah feses.

foto : salty's
foto : salty's

Mencegah Prostat

 

Kepiting memiliki selenium yang mampu menghilangkan efek karsinogenik dari kadmium, arsenik, perak dan merkuri. Ini dapat mencegah sel kanker dan memperlambat pertumbuhan tumor. Penelitian yang diterbitkan dalam Clinical Cancer Research menemukan bahwa makanan yang mengandung asam lemak omega 3 tinggi seperti daging kepiting dapat mencegah penyebaran kanker prostat ke bagian tubuh yang lain.

 



Pemulihan Luka 

Jika luka dan cedera ingin cepat pulih maka  daging kepiting adalah jawabannya.   daging kepiting mengandung zinc, vitamin B12 dan vitamin C yang ketika dikonsumsi membantu menghasilkan eritrosit yang akan membantu dalam membangun jaringan baru.

Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH