Kembali ke Article

6 Sayuran, Mentah lebih Bermanfaat

03 Aug 2020 Ragam
6 Sayuran, Mentah lebih Bermanfaat
03 Aug/2020

Sayur sangatlah baik untuk kesehatan karena rendah kalori. Sayangnya, tidak sedikit dari kita yang mengonsumsinya dengan cara diolah terlebih dahulu, misalnya dengan cara direbus atau ditumis. Makanabis mendapati fakta, beberapa sayur dan buah terbukti secara ilmiah memberi lebih banyak manfaat jika dikonsumsi mentah. 

Brokoli

Tidak banyak yang tahu jika brokoli idealnya dimakan dalam kondisi mentahBrokoli mengandung antioksidan sulforaphane tinggi, yang membantu mencegah sejumlah penyakit, seperti kanker, diabetes tipe 2, penyakit jantung, peradangan, depresi, dan kondisi berbahaya lainnya. Pada 2008, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural Food and Chemistry menemukan bahwa tubuh kita menyerap sulforaphane lebih cepat ketika brokoli dikonsumsi dalam kondisi mentah.

 

 

Karena memasak sayuran dalam beberapa cara, termasuk direbus dan tumis, akan menurunkan kadar vitamin C di dalamnya. Banyak orang yang belum terbiasa makan brokoli mentah. Untuk itu saran penyajiannya adalah dengan dikukus dalam waktu yang singkat. Kukus adalah metode pemasakan yang efeknya paling sedikit terhadap kandungan nutrisi. 

Bawang bombai

Bawang memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung antioksidan flavonoid yang bernama quercetin., Ashley Walter, ahli gizi, chef dan pendiri Living with Ashley menjelaskan  memakan bawang bombai dalam kondisi mentah, kita akan memaksimalkan kemampuan melawan kanker yang terkandung di dalamnya.

 

 

Bawang bombai juga mengandung antiplatelet sehingga bisa membantu mencegah penyakit kardiovaskular. Journal of Agricultural and Food Chemistry pernah mempublikasikan   bahwa kandungan menyehatkan jantung yang terdapat dalam bawang bombai akan hilang dalam waktu sekitar 30 menit ketika dipanaskan di dalam oven. 

 

Bawang Putih  

Sama seperti bawang bombai, bawang putih juga dapat membantu melawan penyakit kardiovaskular namun sangat rentan dengan suhu panas. Artinya dengan memasaknya apalagi dalam waktu yang lama dapat merusak kemampuannya untuk menjadi obat berbagai penyakit.

 

 

Sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa memanaskan bawang putih dalam suhu 200 derajat Celcius selama 6 menit dapat menekan menekan aktivitas antiplatelet di dalam bawang putih. Bahwa suhu panas dapat menonaktifkan enzim alliinase. Bawang putih yang dimasak tetap berkurang khasiatnya sekitar 30 persen lebih rendah. 

Paprika Merah

 

Paprika merah sering dijadikan bahan tambahan untuk menu-menu makanan tertentu. Paprika merah idealnya dikonsumsi dalam kondisi mentah. Paprika merah merupakan sumber Vitamin C yang baik dan bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa mencapai tiga kali lipat vitamin C di dalam jeruk. Namun, suhu panas bisa menghancurkan nutrisi penting di dalamnya, meskipun tidak seluruhnya. Paprika merah juga mengandung antioksidan lebih tinggi daripada paprika lainnya, sehingga mereka lebih kuat dalam melindungi kerusakan oksidatif sel-sel yang memicu terjadinya kanker, diabetes, Alzheimer, dan penyakit lainnya. 

 

Kale

 

Kale mengandung senyawa yang disebut glukosinolat, dan ketika senyawa itu bersentuhan dengan enzim myrosinase mereka akan berubah menjadi senyawa berbeda yang dapat melawan penyakit.


Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH