Kembali ke Article

6 Tanda-tanda Asam Lambung Sedang Menggila

03 Jan 2022 Healthy Food
6 Tanda-tanda Asam Lambung Sedang Menggila source : rn
03 Jan/2022

 

Asam lambung adalah penyakit yang jamak terjadi pada zaman modern ini. Gaya hidup yang serba cepat dan tidak sehat adalah pemicu utama penyakit ini. Sering kali orang tidak mengetahui jika dirinya telah terserang asam lambung, akibatnya, banyak orang abai dan membiarkan asam lambung terus menjadi penyakit kronis. Ada baiknya kenali ciri-ciri asam lambung sebelum menjadi masalah serius. Berikut ini makanabis akan membabar ciri-ciri jika Anda telah terserang asam lambung.

 

source : arogyandam hospital
source : arogyandam hospital

 

Nyeri dan  Sensasi Terbakar Dada

 

Satu indikasi  utama penyakit asam lambung adalah munculnya rasa nyeri dan panas pada dada atau disekitar ulu hati. Ini terjadi karena naiknya asam lambung menuju ke dada atau kerongkongan. Kadang  asam lambung yang naik  ke dada dan kerongkongan dapat  menyebabkan sakit tenggorokan sampai  susah menelan.

 

 

 

 

Perih dan  Nyeri

 

Asam lambung gejalanya  mirip dengan penyakit maag,  perut terasa nyeri dan perih. Yang membedakan  adalah rasa nyeri dan perih yang disebabkan oleh naiknya asam lambung. Hal ini dapat disebabkan karena mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung pada tubuh seperti,  makanan masam, cuka, buah asam dan nangka.

 

 

 

Mual Kembung dan Muntah

 

Asam lambung juga menyebabkan rasa mual dan perut terasa kembung utamanya jika penderita mengkonsumsi makanan yang bersifat asam. Selain mual dan kembung, asam urat juga dapat menyebabkan muntah. 

 

source : mnt
source : mnt

 

Sendawa

 

Penderita  asam lambung juga  akan mengalami sendawa yang terus menerus utamanya pada saat asam lambung naik ke dada dan kerongkongan. Sendawa tersebut terbilang sendawa yang super, karena selain frekwensinya yang sering juga akan mengeluarkan suara dan bau yang khas.

 

 

 

Mulut Terasa Pahit dan Bau

 

Naiknya  asam lambung ke tenggorokan akan munculkan  rasa pahit pada lidah sehingga membuat mulut terasa tidak nyaman. Zat asam menimbulkan efek pahit pada bagian mulut. Selain timbulnya rasa pahit pada mulut, naiknya asam lambung ke kerongkongan juga bisa menyebabkan nafas menjadi bau.

 

 

Radang Pita Suara (Laringitis)

 

Asam lambung yang naik ke dada dan kerongkongan bisa menginfeksi bagian pita suara. Akibatnya akan muncul rasa pahit dan sakit  sakit di tenggorokan. Bahkan pada kasus tertentu suara berubah menjadi serak dan parau serta sulit menelan.

 

 

 

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH