Kembali ke Article

6 Tips Menyimpan Tepung Agar Awet

20 Mar 2020 Headline Tips n Trick
6 Tips Menyimpan Tepung Agar Awet
20 Mar/2020

Bagi yang hobby membuat kue, pasti seringkali mempunyai persediaan banyak tepung yang bermacam-macam jenisnya. Tepung adalah bahan utama untuk membuat kue dan masakan. Seringkali pada saat hendak menggunakan tepung, ternyata tepung menggumpal, berjamur, ada kutu bahkan bau tengik. Hal ini dikarenakan cara penyimpanan yang kurang tepat.

Jadi jika memiliki persediaan tepung dalam jumlah banyak, berikut ulasan Makanabis tips praktis menyimpan tepung di rumah. Niscaya tepung akan lebih awet dan tidak tengik walaupun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Wadah Kering & Kedap Udara

Sebelum menyimpan tepung, sebaiknya perhatikan wadah yang akan digunakan untuk menyimpannya. Pastikan wadahnya bersih dan kering karena jika wadah tidak kering menyebabkan tumbuh jamur sehingga tepung cepat tengik dan mudah menggumpal.

 Jauhkan dari Sinar Matahari

Simpan tepung di tempat sejuk dan kering serta jauhkan dari sinar matahari langsung. Karena sinar matahari dapat membuat jamur tumbuh subur sehingga tepung cepat berjamur dan menggumpal.

 Cantumkan Tanggal Penyimpanan

Tepung memiliki kadaluwarsa. Tepung yang sudah terlalu lama selain bau tengik juga tidak baik untuk digunakan atau kualitasnya menurun, menyebabkan hasil kue yang dibuat matang tidak sempurna. Untuk mengetahui usia tepung, sebaiknya cantumkan tanggal penyimpanan pada wadah.

Jangan Dicampur

Tepung yang lama disimpan, kualitas dan teksturnya akan berubah. Oleh karena itu sebaiknya jangan menyimpan tepung yang baru dicampur dengan tepung yang sudah lama.

Masukkan ke Dalam Freezer

Mungkin tips yang satu ini belum banyak yang tahu. Tetapi tips yang satu ini dapat membantu agar kualitas tepung tetap terjaga, yaitu memasukkan tepung ke dalam freezer selama 48 jam. Cara ini dapat mematikan bakteri dan jamur yang  ada di dalam tepung  sehingga tepung terigu lebih awet meski disimpan dalam waktu yang lama.

 

Menyimpan Tepung di Kulkas

Setelah dimasukkan ke dalam freezer selama 48 jam, pindahkan tepung ke kulkas agar jamur dan bakteri tidak muncul kembali. Sebelum disimpan ke dalam kulkas, pastikan wadah yang digunakan benar-benar kering dan tak ada air yang masuk dalam wadah. Cara ini menjaga tepung tetap segar dan awet selama setahun. Demikian tips menyimpan tepung sajian Makanabis. Dengan cara penyimpanan yang tepat niscaya tepung akan bertahan lama dan kualitas tetap terjamin.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber.

Article Lainnya


Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Setelah Idul Adha biasanya stok daging masih tersisa melimpah di kulkas. Yang agak ribet adalah menf...

Minyak Ikan, Untuk  Berat Badan Ideal

Minyak Ikan, Untuk Berat Badan Ideal

Memiliki postur yang ideal adalah idaman semua orang. Tentu saja semua itu mensyaratkan pemenuhan ke...

Ini Rahasia Ayam Goreng  Lunak Hingga Tulang

Ini Rahasia Ayam Goreng Lunak Hingga Tulang

Konsumsidaging ayam di Indonesia terus meningkat. Jika di 2017 sudah mencapai 5,68 kg per kapi...

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang mengering seiring dengan pertumbuhan sarang. Ai...

JELAJAH