Kembali ke Article

7 Cara Memilih Durian Daging Tebal dan Legit Manis

12 Sep 2021 Tips n Trick
7 Cara Memilih Durian Daging Tebal dan Legit Manis source : guardian
12 Sep/2021

 

Untuk durian  ukurannya besar, bukan jaminan daging buahnya juga tebal. Begitu juga dengan aroma. Meski tercium kuat dan menyengat, tidak selalu akan berakhir dengan rasa yang manis dan legit.  Repot amat sihhh???? Tidak usah panik atau gusar, berikut ini makanabis akan berbagi 7 cara memilih Durian yang sempurna.

Pilih yang Bulat  

Buah durian dengan bentuk bulat punya kencenderungan memiliki   daging lebih tebal dan banyak. Durian bulat punya porsi daging antara 30-40 persen dari seluruh berat buah. Sementara durian lonjong atau yang tak beraturan, cenderung memiliki dag  

Berbeda dengan durian yang agak lonjong atau tidak beraturan, biasanya durian seperti itu memiliki daging yang lebih kecil dan sedikit, ini terjadi karena kantong buahnya yang cenderung besar. Durian pada umumnya  lima  ruang buah. Inilah yang menjadi alasan mengapa durian bulat lebih berisi daging buah yang tebal.

 

 

Ujung Bawah Durian

 

Coba cek ujung buah durian,  sudah merekah belum? Jika sudah ada rekahan, jangan dipilih, ganti yang lain. Ini karena dari rekahan tersebut sudah ada udara yang masuk ruang buah. Kualitas rasanya dipastikan sudah menurun alias tidak manis lagi.  Inilah sebabnya ada durian yang rasanya hambar, karena sudah ‘masuk angin.’ 

source : smalljoys
source : smalljoys

 

Cek Tangkai

Banyak pedagang durian tidak menunggu durian masak di pohon. Secara bisnis ini merugikan karena butuh waktu yang lama. Durian yang manis adalah durian yang masak pohon hingga yang jatuh dari pohon. Durian yang masak pohon dapat dilihat dari tangkainya.  Jika patahan pada tangkai tidak rata bisa jadi durian masak pohon. Tapi jika rata, kemungkinan dipotong dengan pisau alias dipanen.

 

 

Bunyi Buah 

 

Saat membeli durian, coba pukul-pukul buahnya dengan pisau.  Perhatikan, jika terdengar suara gema dari dalam buah, itu tanda durian sudah masak sempurna.  Ini tandanya daging sudah lunak dan empuk. Sementara kalau durian mentah cenderung akan memantulkan suara keluar buah. 

 

Cium Aromanya

Cara termudah untuk memilih durian dengan mencium aroma buahnya. Aroma harum buah durian adalah penanda utama durian sudah masak. Dekatkan hidung pada buah, hirup aromanya. Aroma yang menyengat dan kuat akan sangat mudah untuk diketahui.

Bentuk Duri 

Beberapa jenis durian ada yang memiliki duri yang duri lebar dan jarang. Jika buah dengan bentuk duri seperti ini, biasanya  memiliki daging buah yang lebih kering. Sementara untuk   durian berduri panjang dan rapat, durian seperti ini biasanya memiliki daging lebih legit dan tidak terlalu kering.

 

Ukuran Buah 

Durian berukuran besar dengan daging buah yang tebal adalah pilihan ideal.Sayangnya durian dengan ukuran yang lebih kecil memiliki rasa manis lebih konsisten. Karena itu, meski sedikit sulit, coba pilih durian besar dengan bobot yang ringan.  Karena kenikmatan durian  terletak pada rasa manis dan teksturnya yang lembut.

 

 

Article Lainnya


Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Obat Tradisional Berbahan Sirsak, Ambein hingga Kanker, Tuntas!!!

Hampir seluruh bagian sirsak bermanfaat obat. Daun dan buahnya sangat efektif menjadi obat b...

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Sirsak, 10.000 X Lebih Kuat dari Kemoterapi Kanker

Kabar mengejutkan datang dari lembaga riset di Amerika Serikat. Lebih dari 20 laboratorium y...

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

‘Jimat’ Gantung Plastik Warung Makan

Saat makan di warung tradisional, coba perhatikan dengan seksama sekeliling Anda. Ada ...

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Sehat Perkasa Modal Telur Bebek

Waspada ketika gairah seks mulai meredup. Beberapa penyebabnya antara lain karena tekanan ps...

JELAJAH