Kembali ke Article

7 Daun Aromatik Untuk Masakan

19 Oct 2020 Healthy Food Khasiat
7 Daun Aromatik Untuk Masakan
19 Oct/2020

Dari sekian banyak bumbu dan rempah masakan, tidak dapat dilepaskan dari daun atau tetumbuhan yang dapat memberikan aroma pada olahan kuliner. Bukannya memberikan aroma, daun-daun tertentu ini bahkan menjadi ciri khas dari sebuah masakan. Makanabis mengumpulkan sedikitnya ada 7 jenis daun aromatik yang biasa ditambahkan pada berbagai masakan hingga menjadikan masakan itu terasa sedap.  

 

foto : ist
foto : ist

 

Serai

 

Penggunaan serai paling banyak pada tumisan, rebusan, masakan berkuah dan bersantan. Nuasa yang diberikan serai adalah rasa segar atau fresh bahan bahan-bahan makanan yang tercampur didalamnya. Saat dipanaskan, serai akan mengeluarkan minyak atsiri yang akan menetralisir bau amis dan bau-bau tak sedap lainnya. Di Bali dan Lombok, serai dipakai sebagai campuran sambal matah dan kadang dipakai sebagai tusuk sate lilit.

 

 

foto : mastercalss
foto : mastercalss

 

Daun Bawang

 

Menambah aroma kuat pada bakso, sup, mie dan aneka masakan lainnya. Daun bawang kadang menjadi menyegar pada hidangan yang tinggi minyak dan lemak. Kehadirannya seolah menjadi penambah gairah untuk menyantap habis makanan yang dihidangkan. Dapat dimasak dalam makanan atau juga di taburkan segar di atas makanan.

foto : ist
foto : ist

 

Daun Jeruk

 

Terbilang memiliki aroma yang kuat. Sama seperti herb lainnya, daun jeruk memberikan rasa segar yang sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata. Banyak sekali kuliner nusantara yang menggunakan daun jeruk didalamnya. Seperti soto, balado, bumbu pecel, opor dan masih banyak yang lainnya.

 

foto : ist
foto : ist

 

Daun Salam

 

Penambah kelezatan pada tumisan, masakan bersantan hingga pepes. Hebatnya lagi selain sebagai bumbu masak, daun salam memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa untuk tubuh. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menambahkan daun salam pada masakan.

foto : ist
foto : ist

 

Daun Pandan

 

Tak hanya memberikan aromatik pada makanan. Daun pandan juga kerap dipakai sebagai pewarna alami pada makanan. Duan pandan menambahkan rasa gurih dan wangi khas pada nasi, bubur atau aneka jajanan tradisional.

 

 

foto : ist
foto : ist

 

Daun Kemangi

 

Selain wangi, kemangi memiliki aroma yang sangat kuat. Itulah sebabnya mengapa ibu-ibu kerap kali menambahkan daun kemangi saat mereka memasak makanan yang berbahan dasar daging ikan. Pada dasarnya aroma kemangi akan menetralisir bau amis ikan. Penggunaan kemangi bisa dicampurkan pada masakan seperti pada pepes, atau dikonsumsi segar sebagai lalapan.

 

 

foto : ist
foto : ist

 

Daun Kari

Meski kurang begitu popular, daun kari adalah daun yang memiliki aromatik yang sangat luar biasa. Aroma daun ini semerbak saat dimasak. Orang India selalu menambah daun kari saat mereka memasak kari.

 

 

Article Lainnya


Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Mungkin sudah tidak banyak lagi yang menggunakan cangkir atau mug enamel dengan twotone color ini. B...

Ayam Kecap Sicuan

Ayam Kecap Sicuan

Ayam kecap masak Sicuan ini memang sangat mudah untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa bumbu dasar,...

JELAJAH