Kembali ke Article

7 Detoks Tubuh Secara alami

05 Dec 2019 Headline Healthy Food
7 Detoks Tubuh Secara alami
05 Dec/2019

Gaya hidup modern kadang membuat tubuh kita menjadi tempat timbunan racun. Secara tidak sadar, detox itu akan terus menumpuk dan melemahkan tubuh. Tubuh jadi rentan terhadap berbagai jenis penyakit. Tapi tidak usah kuatir, Makanabis berhasil merangkum 7 bahan makanan untuk detox alami.

Matcha

Belakangan ini matcha mulai masuk ke dalam daftar minuman favorit. Karena selain rasanya yang enak, matcha juga banyak manfaat. Salah satunya membantu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Di dalam Daun matcha ada senyawa epigallocatechin (EGCG) yang berperan dalam mengubah lemak menjadi energi melalui proses thermogenesis. Ini adalah salah satu cara mengendalikan berat badan. Selain itu, ada juga kandungan klorofil tinggi yang  akan membantu membersihkan tubuh dengan membuang racun yang bersembunyi di dalam organ hati.

Teh hijau

Banyak orang mengira matcha dan the hijau adalah dua jenis minuman yang sama. Walaupun keduanya berasal dari jenis tanaman yang sama, tapi kedua berbeda. Matcha mengandung konsentrasi zat antioksidan dan kafein yang lebih tinggi daripada teh hijau. Antioksidan dan kafein yang terkandung dalam teh hijau, membuat minuman ini memiliki efek diuretik, yang akan membantu mempercepat pembentukan urin guna membuang kotoran-kotoran di dalam tubuh.

Sayuran hijau

Dalam risetnya, Josh Axe, seorang pendiri Ancient Nutrition, menulis hati bisa bekerja secara optimal dalam mendetoks racun, salah satunya dengan mengombinasikan beragam rasa dalam makanan sehari-hari yakni asam, manis, asin, dan pahit. Cara ini akan menghasilkan keseimbangan rasa yang akan membantu proses detoksifikasi di dalam tubuh. Rasa manis dan asin yang bisa dengan mudah di dapatkan dari makanan, rasa pahit dan asam termasuk jenis rasa yang sering kali dihindari oleh banyak orang. Rasa pahit bisa didapat  dengan konsumsi sayur selada, sawi, pare, dan brokoli.

Buah bit

Buah bit menghasilkan asam nitrat yang membantu meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Itu sebabnya buah yang satu ini dipercaya mampu membersihkan darah dalam tubuh. Laman Reader  Digest menulis, buah bit menyuplai sejumlah vitamin E, karoten, asam fenolik, dan betalain, yakni sejenis antioksidan yang membantu memperbaiki sekaligus meregenerasi sel-sel di hati.

Salad

Salad buah memang lezat untuk dijadikan teman sarapan di pagi hari. Namun, sesekali cobalah salad yang berasal dari sayur-sayuran seperti selada, bayam, atau kol sebagai menu makanan untuk detoks. Ada baiknya mengganti saus salad dengan minyak zaitun atau perasan lemon.

Rumput laut

Sudah sejak lama, rumput laut dikenal sebagai makanan yang kaya akan nutrisi. Rumput laut juga tinggi kandungan antioksidan polifenol dan fucoxanthin. Karenanya rumput laut dapat membantu detoksifikasi di dalam darah dan ginjal karena memiliki sifat diuretik dengan membuang kelebihan garam dan air dalam tubuh melalui urine.

Nanas

Nanas memiliki enzim bromelain. Enzim ini bekerja ampuh untuk meredakan masalah perut, melancarkan proses pencernaan, sekaligus membantu membersihkan usus besar. Maka itu, nanas sering dipercaya sebagai makanan untuk detoks racun yang menumpuk di dalam tubuh. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew

 

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH