Kembali ke Article

8 Makanan Peredam Rasa Pedas

08 Jan 2020 Headline Tips n Trick
8 Makanan Peredam Rasa Pedas
08 Jan/2020

Bagi masyarakat Indonesia, makanan pedas adalah hal biasa.  Tapi sebenarnya tidak semua orang mampu bertahan dengan rasa pedas. Setelah memakan makanan pedas, kadang ada sensasi terbakar di mulut yang bisa jadi membuat orang yang makan tidak tahan. Mencoba meredakan sensasi rasa pedas dengan minum air putih pun ternyata tak membantu.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan untuk mengurasi sensasi makanan pedas? Berikut Makanabis telah  merangkum setidaknya ada 8 bahan makanan yang dapat membantu mengurangi sensasi rasa pedas dimulut dan lidah.

Minum Susu

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa pedas adalah dengan meminum susu. Kandungan protein kaseinyang terdapat dalam susu bisa membantu meredakan ganasnya kapsaisin yang terdapat dalam cabe.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis bisa menggunakannya untuk membantu menetralkan rasa pedas. Caranya adalah dengan memeras jeruk nipis di atas makanan pedas tersebut. Asam yang dikandung pada jeruk nipis membantu menetralkan rasa pedas pada makanan.

Makan Gula

Gula dapat digunakan sebagai penolong untuk meredakan sensasi terbakar akibat makanan pedas dalam mulut. Caranya adalah dengan memakan sekitar satu sendok makan gula dengan cara mengunyah perlahan di dalam mulut.

Makan Tomat

Tomat bisa digunakan untuk mengurangi rasa pedas. Dalam tomat mengandung  Alkali yang mampu menetralkan keasaman pada makanan pedas. Tomat bisa dikonsumsi dalam bentuk minuman, atau bisa juga dimakan langsung.

Makan Coklat

Coklat ternyata mampu mengurangi rasa pedas di mulut. Kandungan lemak yang tinggi pada coklat akan membantu menghilangkan beberapa kandungan kapsaisin di mulut. coklat susu bahkan bisa bekerja lebih baik dibanding coklat hitam karena kandungan lemak serta kaseinnya yang lebih tinggi.

Makan Roti Tawar

Selembar roti tawar juga ternyata bisa menyerap kandungan kapsaisin di mulut. Makanan lainnya seperti nasi juga sebenarnya bisa menyerap kapsaisin. Namun daya serap roti tawar jauh lebih tinggi ketimbang nasi.

Konsumsi Madu

Bagi yang memiliki gula darah tinggi, tentu akan menghindari mengkonsumi gula. Namun ada makanan manis lainnya yang dapat membantu mengurangi sensasi rasa pedas. Ya, ternyata madu mampu meredam sensasi pedas. Setengah sendok teh madu membantu mengurangi sensasi pedas di mulut.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun bisa mengurangi rasa pedas di mulut. Hal ini karena minyak ini memiliki kombinasi yang sempurna antara minyak dan lemak yang bisa digunakan untuk melawan rasa pedas. Memang rasanya kurang menyenangkan namun zaitun sangat bagus dalam meredam pedas. Untuk meminimalisir sensasi rasa minyak zaitun, saat meminumnya tutup hidung saat menelannya dan jangan dikonsumsi terlalu banyak. Horay Tahun baru, makan enak jajan terooosss! Selama sebulan kedepan kalian bisa hemat makan enak di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya pakai Meeberian. Dapetin diskon makan hingga 69% dengan memesan makananmu pakai aplikasi Meeberian, yuk buruan download sekarang di hapemu! Paskalis Andrew

Article Lainnya


Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Bobotie, Olahan Daging Cincang Khas Afrika Selatan

Berkunjung ke Afrika Selatan tentu tak akan lengkap tanpa mencicipi makanan khasnya. Salah satu maka...

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Siput Gonggong Asam Pedas, Khas Bangka Belitung

Saat berkunjung ke Bangka Belitung, akan sangat mudah menjumpai siput gonggong di berbagai sajian kh...

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih...

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar Lawan Maag

Ketumbar alias Coriandrum sativum salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer s...

JELAJAH