Kembali ke Article

9 Jenis-jenis Kurma Terfavorit

04 May 2020 Khasiat
9 Jenis-jenis Kurma Terfavorit
04 May/2020

 

Dilihat sekilas, bentuk tekstur setiap jenis kurma memang dapat dikatakan mirip. Bahkan , orang awam tidak akan tahu perbedaan masing-masing kurma tersebut. Padahal ada ratusan jenis kurma, yang berasal dari Arab saja belum dari negara Timur Tengah lainnya.

 

Namun jika diteliti secara rinci, masing-masing jenis kurma ternyata memiliki perbedaan dan ciri khas. Pada kesempatan bulan Ramadhan ini, Makanabis akan membahas tentang berbagai jenis-jenis kurma dengan cita rasa yang enak serta sangat cocok untuk dikonsumsi sebagai hidangan berbuka puasa. Apa sajakah itu?

 

 Kurma Ajwa (Kurma Nabi)

 

Jenis-jenis kurma Ajwa atau kurma Nabi bentuknya kecil, berwarna gelap, serta dagingnya yang lebih kering dari kebanyakan kurma lainnya. Dinamai kurma Nabi karena konon berdasarkan sejarah Islam, kurma ini merupakan salah satu jenis kurma kegemaran Nabi Muhammad SAW. Tidak mengheran jika banyak orang, saat mengunjungi Arab Saudi akan berburu kurma ini. Tak hanya itu, kurma yang berasal dari Madinah ini juga dikenal memiliki khasiat dalam menyembuhkan berbagai penyakit.

 

Kurma Sukkari

 

Urutan berikutnya kurma Sukari. Kurma jenis ini adalah salah satu dari jenis-jenis kurma yang menjadi kegemaran raja Arab Saudi. Rasa manis dengan daging yang empuk membuat kurma ini mudah meleleh di mulut. Warnanya kuning kecokelatan seperti layaknya kurma emas. Tekstur kurma Sukari kenyal dan dipercaya sangat bermanfaat dalam hal kesehatan sekaligus menambah stamina tubuh.

 

Kurma Halawi

 

Kurma Halawi yang berasal dari  Irak. Memiliki nama Halawi yang berarti manis, memang tak heran apabila kurma ini memiliki cita rasa legit dan semanis madu.

 

 

 

Kurma Zaghloul

 

Memiliki bentuk sedikit berbeda dari kurma pada umumnya. Berwarna gelap dengan bentuk memanjang, jika sekilas mirip dengan buah Melinjo. Kurma ini cukup popular di Mesir dengan harga yang juga terbilang mahal di pasaran serta termasuk ke dalam produk kurma eksklusif.

 

 

Kurma Palm Fruit

 

Jenis Palm Fruit adalah kurma yang banyak dicari oleh orang, terutama pada saat bulan Suci Ramadhan. Memiliki cita rasa manis sekaligus gurih ketika berada di mulut, kurma yang konon asal Tunisia ini juga dipercaya dapat membersihkan perut dari bekas makanan secara maksimal.

 

 

Kurma Deglet Noor

 

Kurma Deglet Noor terbilang memiliki rasa yang tergolong otentik. Dengan tekstur setengah kering dan lembut, kurma dengan rasa unik seperti pisang dan karamel ini sering kali ditambahkan ke dalam cita rasa masakan. Deglet Noor berarti  kurma cahaya dan cukup popular di beberapa negara, seperti di Aljazair, Libya, dan Tunisia. Warnanya pun juga beraneka ragam, mulai dari oranye kekuning-kuningan, kuning jerami, dan cokelat tua.

 

Kurma Medjool

 

Bentuknya yang besar dengan rasanya yang begitu legit, membuat kurma Medjool merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma yang paling enak dikonsumsi. Biasanya, jenis kurma satu ini tumbuh di negara Afrika bagian Utara dengan warna cokelat kemerahan dan rasa yang serupa dengan karamel. Kurma Medjool juga kerap dijadikan sebagai penambah rasa di berbagai masakan. Walaupun biasanya dijual dalam keadaan kering, namun dagingnya itu sendiri masih terasa lembut dan lengket. Semakin kering kurma Medjool, maka semakin manis pula rasanya. Selain itu, kurma ini juga kaya akan nutrisi dan mengandung energi, kalsium, kalium, serta magnesium.

 

Kurma Khudri

 

Kurma Khudri memiliki ciri warna merah kecokelatan. Dengan ukuran yang besar, kurma ini memiliki daging yang tebal serta rasa yang mirip dengan karamel. Memiliki tekstur yang kering, salah satu dari jenis-jenis kurma ini juga paling sering diekspor karena harganya tidak terlalu mahal. Bahkan di Indonesia itu sendiri, kurma Khudri cukup mudah untuk ditemukan di supermarket. Selain itu, kurma ini juga kaya akan serat, kalium, magnesium, dan vitamin.

 

Kurma Kholas

 

Kurma Kholas merupakan salah satu dari jenis-jenis kurma dengan tekstur yang lengket layaknya seperti disiram karamel. Karenakan teksturnya yang unik inilah, kurma Kholas sering kali dikonsumsi bersama dengan kopi yang nikmat. Wsn/bbs

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH