Kembali ke Article

Adventure Rasa Ayam Betutu, Kuliner Khas Bali

Adventure Rasa Ayam Betutu, Kuliner Khas Bali
09 Apr/2020

 

Saat mobil yang ditumpangi Makanabis lepas dari lambung kapal ferry yang menyeberangkan dari Pulau Jawa, suasana berbeda sangat terlihat. Di kanan kiri, gapura rumah menggunakan ornamen dan hiasan mirip candi.

 

Namun yang cukup menggelitik rasa penasaran adalah tulisan besar-besar, Ayam Betutu. Hampir disepanjang jalan Gilimanuk, bertebaran rumah makan yang menawarkan menu khas Bali, Betutu.

“Betutu yang paling terkenal ada di desa Melinggih Kecamatan Payang, Kabupaten Giayar. Tapi yang paling banyak menjajakan yang di sepanjang jalan Gilimanuk,” jelas Nyoman, rekan media yang mendampingi Makanabis.

 

Menurutu Nyoman, kini penyuka ayam atau bebek betutu bukan hanya wisatawan lokal. Kini turis asing manca negara juga ketagihan menyantap betutu. “Orang asing menikmati di hotel-hotel bintang dan restoran mahal. Dan sayangnya betutu tidak bisa disimpan terlalu lama. Jadi saat dibeli bisa dipastikan akan langsung ludes,” ucapnya.

Bumbu lengkap khas kuliner Bali, foto: alvin toh
Bumbu lengkap khas kuliner Bali, foto: alvin toh

 

Kata betutu berasal dari kata tunu yang artinya membakar. Dan bila dirangkai dengan kata be yang berarti daging. Dalam bahasa Bali betutu berarti daging yang dibakar. Namun pada perkembangannya, kuliner betutu lebih banyak menggunakan ayam atau bebek ketimbang daging.

 

 

Betutu lebih banyak menggunakan ayam atau bebek yang dipanggang dalam api sekam. Kuliner betutu ini meluas di seluruh Bali dan Lombok. Hampir seluruh proses pembuatan betutu ini masih menggunakan cara-cara tradisional. Yakni karkas ayam atau itik dibersihkan kemudian bumbu khas Bali yang dikenal dengan base genep di seluruh permukaan tubuh daging ayam dan sebagian lagi dimasukkan ke dalam rongga abdomennya.

 

 

Daging ayam yang telah dibumbui tersebut kemudian direbus atau diungkep. Setelah itu proses lanjutannya adalah dibakar hingga menghasilkan aroma yang khas. Aroma daging ayam atau itik ini muncul akibat  pemanasan yang menyebabkan air dan lemak daging berantai pendek ikut menguap.

Bumbu dimasukkan ke dalam rongga ayam, foto : alvin toh
Bumbu dimasukkan ke dalam rongga ayam, foto : alvin toh

 

Semakin banyak uap yang dihasilkan, semakin kuat dan enak aromanya. Menurut tradisi Bali, ayam betutu biasanya disajikan pada saat upacara adat seperti odalan, otonan, maupun perkawinan.

 

 

Bahan yang digunakan untuk membuat ayam betutu terdiri dari satu ekor ayam yang sudah dibersihkan bagian dalamnya, bumbu genep, bumbu wewangenan, garam, dan minyak kelapa. base genep merupakan bumbu khas Bali yang terdiri dari bawang merah, kencur, kemiri, bawang putih, kunyit, lengkuas, jahe, laos, cabai rawit, serai, gula merah, terasi, daun limau, daun salam, dan minyak kelapa.

 

Ayam dibersihkan seluruhnya dari bulu, jeroan, paruh, dan kulit kaki. Panaskan air dengan sedikit bumbu, daun salam, daun limau, dan batang serai yang telah dimemarkan. Ayam direbus ke dalam air hingga tiga per empat matang kemudian diangkat.

 

Sedangkan bumbu wewangenan terdiri dari merica hitam, merica putih, cengkih, pala, tabia bun, ketumbar, kemiri, menyan, jangu, bangle, dan kulit jeruk purut. Semua bumbu dihaluskan kemudian ditumis hingga harum. Selanjutnya Setelah diangkat, base genep dimasukkan ke dalam perut ayam dan sebagian base genep yang dicampurkan dengan minyak tandusan dibalurkan di seluruh permukaan tubuh ayam.

 

Ayam yang telah dibumbui kemudian sedikit diremas-remas agar ayam menjadi lunak dan dibungkus dengan daun pisang atau kelopak daun pinang untuk selanjutnya dimasukkan ke bara api. Bara api tidak boleh terlalu besar dan proses pemasakan di bara api kurang lebih 1 jam. Ayam betutu kemudian disajikan dengan cara dibelah pada bagian perut hingga daerah tempat tembolok, kemudian kedua belah dada ditarik ke samping. Paskalis Andrew/bbs

Article Lainnya


Salah Olah,  Lidah Serasa Bertulang

Salah Olah, Lidah Serasa Bertulang

Bagian sapi yang satu ini sangat populer dan mudah ditemukan di pasar tradisional atau pasar...

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Cara Alamiah Usir Karang Gigi

Semua pasti setuju, karang gigi membuat pemandangan mulut terlihat kurang sedap ...

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Mencicipi Ceviche, Sashimi ala Peru

Peru, sebagai salah satu negara destinasi wisata di Amerika Selatan, tentu ada hal ist...

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang Putih Khusus Vitalitas Pria

Bawang putih digunakan sebagai bumbu masak hampir di seluruh dunia. Rasanya yang...

JELAJAH