Kembali ke Article

Air Hangat Vs Air Dingin?

19 Oct 2019 Minuman
Air Hangat Vs Air Dingin?
19 Oct/2019

Manusia hidup pasti butuh air, tanpa air tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat  berakibat buruk  bagi  kesehatan. Air merupakan sumber kehidupan. Sungguh nikmat rasanya minum  air untuk melepas rasa dahaga, apalagi di kala cuaca sangat terik. Tetapi tetap perlu diperhatikan, air dengan suhu seperti apa yang paling baik bagi kesehatan. Perhatikan selalu  pentingnya suhu air dan dampaknya pada tubuh. Jadi, air hangat dan air dingin mempunyai manfaatnya sendiri tergantung pada kondisi tertentu. Apa saja manfaat minum air hangat dan air dingin bagi kesehatan, yuk simak ulasan makanabis kali ini.

Minuman Hangat

Melancarkan Pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari setelah bangun tidur sangatlah baik bagi menjaga kesehatan terutama bagi sistem pencernaan kita. Air hangat dipercaya dapat mengaktifkan sistem pencernaan dan membantu kita terhindar dari gangguan pencernaan. Aliran darah ke usus menjadi lancar sehingga kita terhindar dari rasa sembelit.

Detoksifikasi Tubuh

Salah satu manfaat dari minum air hangat adalah detoksifikasi. Tambahkan jus lemon segar ke dalam air hangat untuk detoksifikasi yang lebih baik. Lemon mampu membuang racun dan merangsang pencernaan. Selain lemon, dapat juga menambahkan buah lainnya ke dalam air hangat sebagai infuse water seperti irisan mentimun, apel atau madu agar tubuh terhindar dari racun

Menghambat Penuaan

Minum air hangat juga dapat menghambat penuaan dini karena air hangat dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Dengan rutin minum air hangat, sel-sel kulit akan diperbaiki dan elastisitas kulit tetap terjaga.

Meredakan Hidung Tersumbat Dan Batuk Berdahak

Air hangat merupakan ekspektoran alami sehingga baik bagi orang yang sedang menderita batuk berdahak dan hidung tersumbat. Dengan minum air hangat saat flu dan batuk melanda dapat membantu mengencerkan dahak pada saluran pernafasan.

Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat lain dari minum air hangat adalah dapat melancarkan peredaran darah.Timbunan lemak dalam sistem saraf akan hilang dengan sendirinya setelah kita rutin minum air hangat.

Melawan Rasa sakit

Jika para wanita seringkali mengalami kram saat menstruasi, sering-seringlah minum air hangat karena saat minum air hangat maka aliran darah akan meningkat ke jaringan-jaringan tubuh. Bagi penderita nyeri sendi, sangat dianjurkan untuk rutin minum air hangat agar rasa sakit tidak lagi kita alami.

Minum Dingin

Menghidrasi Tubuh Seusai Olahraga

Selama berolahraga, suhu tubuh akan meningkat. Untuk dapat menurunkan suhu tubuh tersebut, dianjurkan untuk minum air dingin setelah berolahraga. Air dingin akan membantu tubuh untuk menurunkan suhu inti tubuh. Seseorang  yang mengkonsumsi air dingin mampu menjaga suhu inti tubuh sebanyak 50%  dibandingkan dengan  yang minum air dengan suhu kamar.

Menurunkan Demam

Minum air dingin ketika demam merupakan salah satu cara untuk menurunkan suhu tubuh. Sangat penting untuk menjaga tubuh terhidrasi penuh saat demam, karena tubuh  sedang bekerja keras untuk melawan segala faktor yang menyebabkan demam. Pada saat kepanasan, minum air dingin dapat menjadi bantuan yang tepat. Bisa juga ditambahkan beberapa perasan lemon segar dan garam untuk membantu  mengisi elektrolit yang hilang.

Melawan Heat Stroke

Minum air dingin selama cuaca panas akan lebih cepat diserap dibandingkan dengan air hangat. Pada saat  kembali ke rumah dari cuaca yang sangat panas atau ketika mengalami heat stroke, sangat dianjurkan untuk wajib minum air dingin.

Jadi mana yang lebih baik? Minum air hangat atau minum air dingin? Berdasarkan para pakar kesehatan, tidak disarankan untuk minum air dingin karena air dingin dapat menyebabkan kontraksi otot. Sedangkan dengan minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah dan melindungi organ-organ dalam tubuh dari kerusakan. Jadi sebaiknya lebih banyak minum air hangat tetapi dikala cuaca terik, kita dapat minum air dingin untuk menurunkan suhu tubuh. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%, penasaran? cari tahu di meeberianPaskalis Andrew/Berbagai sumber.

 

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH