Kembali ke Article

Amankah Wadah Plastik di Microwave?

03 Nov 2020 Ragam
Amankah Wadah Plastik di Microwave? foto : penn
03 Nov/2020

 

Tentu Anda pernah membaca atau mendengar perihal  memanaskan makanan menggunakan wadah plastik dalam microwave bisa menyebabkan kanker? Memang pernyataan ini tak sepenuh benar, namun masalah kesehatan tetap bisa muncul dari wadah yang kita gunakan saat memanaskan makanan di microwave.

 

 

 

Makanabis mendapati fakta, umumnya label microwave-safe hanya menginformasikan bahwa wadah tersebut tidak akan meleleh saat masuk ke dalam microwave. Tetapi belum tentu mereka benar-benar aman untuk berada dalam suhu yang panas. 

foto : hyrondlle
foto : hyrondlle

 

Hal ini terjadi karena, saat ini banyak perusahaan yang memang mengaku memproduksi produk yang bebas BPA, namun pada kenyataannya tetap memasukan unsur kimia pengganti yang ternyata sama bahayanya. Ada dua komponen dalam plastik yang perlu diwaspadai, yaitu bisphenol-A (BPA) yang ditambahkan untuk membuat plastik menjadi bening dan keras, serta phthalates yang ditambahkan untuk membuat plastik menjadi lembut dan fleksibel.

 

Untuk mencegah kemungkinan buruk atau   bahaya akibat penggunaan wadah plastik, makanabis merekomendasikan  beberapa hal yang perlu di perhatikan sebelum menggunakan microwave:

foto : builtlean
foto : builtlean

 

Sebaiknya panaskan makanan menggunakan wadah keramik atau kaca yang memang bisa digunakan di oven microwave. Keramik atau kaca relatif lebih aman, karena bahan penyusun bendanya lebih stabil dan solid.

Jangan gunakan wadah plastik berlabel microwave-safe yang sudah tergores atau wadah yang warnanya  telah berubah atau memudar. Goresan atau pudaran warna ini menjadi tanda bahwa wadah tersebut dapat memaparkan kandungan kimia ke dalam makanan.

 

Beberapa jenis microwave dilengkapi dengan pengukur temperatur untuk memasak ideal. Namun jika tidak ada, tidak salanya menggunakan   termometer makanan untuk memastikan bahwa makanan tersebut telah mencapai suhu memasak yang aman.

Article Lainnya


Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Masih menganggap daun sirih hanya untuk menginang? Hanya untuk nenek-nenek? Anda kel...

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Beda sate maranggi dengan jenis sate lainnya adalah pada proses marinasinya. Marangi...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

JELAJAH