Kembali ke Article

Amazake, Dari Masa Lalu Untuk Kesehatan Masa Sekarang

03 Apr 2020 Headline Minuman
Amazake, Dari Masa Lalu Untuk Kesehatan Masa Sekarang
03 Apr/2020

Selain sake, minuman fermentasi Jepang yang lain adalah amazake yang berarti sake manis tetapi tidak mengandung alkohol, jadi sepenuhnya halal.  Minuman tradisional Jepang yang berasa manis dan bebas alkohol, terbuat dari nasi yang difermentasikan.

Warnanya putih dengan aroma yang khas dan bertekstur kental. Amazake dapat dihidangkan dalam bentuk hangat atau dingin. Rasa manis dan gurih sangat cocok untuk menghilangkan penat sebagai sumber energi. Diminum saat cuaca dingin yang tujuannya untuk menghangatkan badan, dan dihidangkan dalam keadaan panas dengan cara menhirup uapnya.

Amazake sangat bermanfaat bagi kecantikan dan kesehatan, dapat mencegah stroke dan mengurangi rasa letih. Karena tidak beralkohol, minuman ini dapat dinikmati oleh berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Amazake terbuat dari ragi beras dan ampas sake. Meskipun minuman ini memiliki rasa manis namun dibuat tanpa menggunakan gula. Kaya akan asam amino, vitamin B, enzim dan nutrisi lainnya.

Minuman segar ini mulai berkembang pada periode Kofun yang merupakan teknik fermentasi dan pengawetan makanan yang dibuat dengan cara merebus nasi,air dan koji sehingga menghasilkan minuman yang kaya nutrisi dan bakteri baik yang menguntungkan bagi kesehatan tubuh.

Amazake memiliki banyak manfaat untuk kecantikan wanita terutama untuk kesehatan daerah di bawah mata. Dengan rutin minum amazake dapat membuat wajah terlihat lebih cerah terutama di bagian bawah mata. Mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan kulit. Membuat rambut menjadi lebih bercahaya dan membuat tubuh merasa lebih segar di kala bangun pagi.

Minuman ini sangat mudah dicerna, bergizi dan bebas gluten. Untuk yang sakit, minuman ini dapat menyembuhkan demam dan menambah nafsu makan. Amazake mudah ditelan dengan rasanya yang enak dan mudah dicerna oleh sistem pencernaan.  Amazake juga dipercaya dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Demikian ulasan Makanabis tentang amazake untuk menambah pengetahuan  karena minuman ini mungkin belum begitu populer di tanah air. Semoga bermanfaat. Paskalis Andrew.

Article Lainnya


Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Stop  Kebiasaan Merendam Teh Celup Terlalu Lama!

Stop Kebiasaan Merendam Teh Celup Terlalu Lama!

Teh celup selalu menjadi primadona di antara jenis teh lain karena alasan kepraktisan. Namun makanab...

Aktifitas Padat? Hindari Minum Matcha!

Aktifitas Padat? Hindari Minum Matcha!

Untuk memulai aktifitas, sarapan biasanya akan menjadi aktifitas yang tidak boleh dilewatkan. Dengan...

JELAJAH