Kembali ke Article

Apel Merah Vs Apel Hijau, Mana yang Lebih Kaya Nutrisi?

01 Dec 2020 Healthy Food
Apel Merah Vs Apel Hijau, Mana yang Lebih Kaya Nutrisi? foto : ist
01 Dec/2020

“Sebiji apel sehari, membuat dokter menjauh." Tapi, tunggu dulu, apel yang seperti apa yang dimaksudkan? Karena apel ada dua warna, merah dan hijau. Sejak lama orang berdebat tentang keunggulan apel merah dan hijau. Tak hanya soal pilihan, Makanabis membeberkan fakta ilmiah tentang keunggulan dan manfaat lebih dari masing-masing apel.

 

 

Ternyata, warna kulit apel tidak hanya menentukan jenisnya, tapi juga rasa dan nutrisi yang dikandungnya. Wajar saja jika banyak orang bertanya-tanya dan berdebat tentang jenis apel mana yang lebih hebat manfaat untuk kesehatan. 

foto : ist
foto : ist

Apel hijau rasanya lebih asam dan memiliki kulit tebal sehingga terasa lebih renyah. Sementara apel merah, lebih manis, berair dengan kulit tipis. Jika diukur dari rasa manis, tentu saja orang akan lebih memilih mengkonsumsi apel merah.     

 

 

Keduanya mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan, termasuk antioksidan, pektin, quercetin, dan flavonoid. Antioksidan berkhasiat melindungi sel dari kerusakan oksidatif, mengurangi risiko penyakit jantung dan hati kronis. Karena kalorinya yang  rendah, apel sering jadi pilihan buah untuk orang yang sedang menurunkan berat badan dan mengurangi asupan gula.

 

foto : ist
foto : ist

Ada perbedaan kecil dalam kandungan antara kedua jenis apel tersebut. Apel hijau adalah kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang lebih tinggi dibandingkan dengan apel merah. Selain itu, apel hijau mengandung lebih banyak zat besi, kalium dan protein.

 

 

 

Sebaliknya apel merah  mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih enak. Jika  melihat nilai gizinya maka apel hijau lebih sehat dari pada apel merah. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan asupan antioksidan maka apel merah adalah pilihan yang lebih baik untuk menu harian. Yang paling ideal akan konsumsi kedua jenis apel ini secara bergantian, agar bisa saling melengkapi. 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH