Kembali ke Article

Awas,,,, Efek Yoyo Diet Mayo

30 Sep 2020 Headline Ragam
Awas,,,, Efek Yoyo Diet Mayo  foto : everydayhealth
30 Sep/2020

 

Belakangan ini muncul sejumlah program diet dengan penurunan berat badan yang fantastis. Di antara program diet itu, yang cukup populer adalah diet mayo. Muncul pertanyaan, apakah diet mayo efektif dan aman?

 

 

 

Makanabis mengulik informasi dari berbagai sumber untuk membongkar diet yang sempat viral ini.  Diet ini makin ramai diperbincangkan, setelah  seorang publik figur di Indonesia,   sukses menurunkan berat badannya.    Tidak tanggung-tanggung hanya dengan program diet selama 13 hari berat badan dapat turun hingga sekitar 7 kilogram.

Piramid kebutuhan asupan harian.
Piramid kebutuhan asupan harian.

Bloating

 

Diet mayo diklaim  sangat sederhana,   hanya dilarang mengonsumsi garam, karbohidrat, dan es. Konsumsi garam dilarang  karena garam adalah zat yang  mengikat air yang ada di dalam tubuh. Dengan meniadakan konsumsi garam,  otomatis tidak ada lagi pengikat air di dalam tubuh sehingga menghindari terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh.

 

 

Bloating alias tubuh ‘membengkak’, maka garam adalah penyebab bloating. Jika merasa selalu haus setelah mengonsumsi makanan yang asin, sifat mengikat air pada garam itulah yang sedang terjadi pada tubuh. Itulah sebanya, orang yang menjalankan diet mayo akan lebih sering   buang air kecil. frekuensi buang air kecil yang bertambah, menyebabkan  berat badan menurun secara drastis yang diakibatkan oleh hilangnya cairan tubuh.

 

 

Penghentian konsumsi karbohidrat untuk sementara dimaksudkan agar tubuh mengambil sumber energi dari cadangan lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Jika biasanya tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi, ketika cadangan karbohidrat atau glikogen habis makan cadangan lemaklah yang digunakan.

 

Dan jika  tubuh masih belum mendapatkan karbohidrat, lama kelamaan protein akan dipecah untuk dijadikan sumber energi. Karena tubuh Anda tidak dapat menyimpan protein seperti menyimpan karbohidrat, maka lama kelamaan tubuh kekurangan protein. Asam amino tidak dapat lagi digunakan untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Tanda yang paling kelihatan saat tubuh Anda kekurangan protein adalah menurunnya massa otot. Ini dapat menyebabkan Anda terlihat lebih kurus.

Sementara larangan konsumsi es lebih karena kebanyakan orang mengonsumsi es bersama minuman manis yang tentu saja mengandung gula yang tinggi yang tentu saja tidak baik bagi keberhasilan program diet.

 

 

Mengurangi sebanyak mungkin konsumsi garam dan karbohidrat, foto : healthline
Mengurangi sebanyak mungkin konsumsi garam dan karbohidrat, foto : healthline

 

Efek Samping

 

Efek samping  yang ditimbulkan diet mayo adalah efek yoyo. Saat siklus 13 hari diet mayo  selesai, dan pelakunya  kembali pada pola makan yang lama, maka terjadilah kenaikan atau ledakan  berat badan. Hal ini karena diet mayo hanya membatasi kalori  tanpa perubahan gaya hidup secara keseluruhan.

 

 

Maka ketika kembali makan seperti sebelum diet, berat badan  perlahan-lahan kembali seperti semula. Menjalani diet mayo untuk jangka waktu yang lama, sangat tidak disarankan. Karena sifatnya yang membatasi jenis zat gizi tertentu dan kalorinya yang sedikit, menyebabkan Anda rentan mengalami kekurangan zat gizi.

 

 

Article Lainnya


4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Jangan Tunda lagi Konsumsi Pepaya, Ini 5 Manfaatnya

Pepaya buah yang terbilang sangat terjangkau dari sisi harga. Meski murah namun papa...

Nasi  Ayam Hainan  Homemade

Nasi Ayam Hainan Homemade

Dalam bahasa aslinya, nasi Hainan bernama hanzi atau hanyu piyin. Meski berasal dari...

JELAJAH