Kembali ke Article

Bahan Makanan yang Dijadikan Sebagai Pewarna Alami!

23 Oct 2019 Inspirasi Tips n Trick
Bahan Makanan yang Dijadikan Sebagai Pewarna Alami!
23 Oct/2019

Makanan yang memiliki tampilan yang menarik, mampu membuat orang jadi ingin mencicipinya. Warna yang ‘menyala’ lebih mampu menarik keinginan seseorang untuk menciicpinya, dibandingkan makanan dengan warna yang ‘pucat’. Hal ini membuat penggunaan pewarna makanan, memiliki peranan yang cukup penting.

Sayangnya, dalam beberapa kasus, pewarna makanan yang digunakan bukanlah pewarna yang khusus digunakan pada makanan. Ini amat membahayakan bagi mereka yang mengonsumsinya. Meski sudah tersedia pewarna makanan yang dijual di supermarket, kamu bisa membuat pewarna makanan sendiri berbahan dasar bahan makanan. Lebih alami dan tentunya sehat!

foto:ist
foto:ist

Kuning

Salah satu makanan Indonesia yang menggunakan bahan pewarna makanan berwarna kuning adalah nasi kuning. Alih-alih menggunakan pewarna makanan yang dijual di pasaran, masyarakat Indonesia masih setia untuk menggunakan kunyit dalam pembuatan nasi kuning. Untuk mendapatkan warna kuning, enggak harus menggunakan kunyit. Kamu juga bisa menggunakan labu kuning atau bahkan mangga untuk membuat pewarna alami berwarna kuning.

foto:ist
foto:ist

Hijau

Pandan dan daun suji adalah dua bahan yang sudah sangat terkenal sebagai pewarna makanan alami. Kedua bahan makanan ini mampu memunculkan warna hijau. Misalnya saja dalam pembuatan kue tradisional, kue lumpur pandan hijau. Dalam pembuatannya menggunakan dua bahan langsung, yaitu pandan juga daun suji. Selain kedua bahan tersebut, sayur bayam rupanya juga mampu menghasilkan warna hijau yang alami.

foto:resepkoki
foto:resepkoki

Merah

Bagaimana dengan warna merah? Khusus warna ini, biasanya orang akan memilih untuk menggunakan pewarna makanan siap pakai. Hal ini disebabkan karena warna yang dihasilkan bisa terlihat lebih ‘wah’ dibandingkan pewarna alami. Meski begitu, beberapa orang masih setia menggunakan bahan pewarna alami untuk menghasilkan warna merah. Mereka biasa menggunakan bahan berupa umbi bit, buah naga, dan juga bunga rosela.

Oranye

Pasti kamu langsung berpikir satu bahan makanan berwarna oranye, yang bisa dijadikan pewarna makanan alami. Yup, itu adalah wortel. Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan wortel, kemudian peras hingga keluar airnya. Makananmu akan memiliki cita rasa yang manis jika menggunakan air wortel!

Biru

Bunga telang adalah salah satu bahan makanan yang mampu menjadi pewarna makanan alami. Warna yang dihasilkan adalah warna biru. Salah satu kulinernya datang dari Negara Malaysia, yaitu nasi kerabu. Nasinya berwarna biru, dimana bahan dasar untuk membuatnya menjadi berwarna biru adalah bunga telang. Bahan makanan lain yang bisa digunakan untuk menghasilkan pewarna makanan berwarna biru adalah menggunakan kubis.

foto:ist
foto:ist

Cokelat

Bukan berbahan dasar cokelat, melainkan menggunakan gula aren. Contohnya seperti siraman saus kental di jajanan klanting yang kemudian ditaburi dengan parutan kelapa. Rasanya menjadi manis dan juga legit. Caranya mudah, kok. Kamu hanya perlu merendam gula aren dengan air mendidih.

Gimana? Mau tetap pakai pewarna makanan siap pakai, atau mau coba ‘membuat sendiri’ pewarna alami untuk makananmu? Silahkan dicoba, ya! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

Nasi  Ayam Hainan  Homemade

Nasi Ayam Hainan Homemade

Dalam bahasa aslinya, nasi Hainan bernama hanzi atau hanyu piyin. Meski berasal dari...

Cara Benar Simpan Bahan Makanan

Cara Benar Simpan Bahan Makanan

Adalah sebuah keharusan untuk selalu menggunakan bahan-bahan makanan berkualitas seb...

JELAJAH