Kembali ke Article

Baikkah Mengonsumsi Buah Kalengan?

23 Oct 2019 Healthy Food
Baikkah Mengonsumsi Buah Kalengan?
23 Oct/2019

Semakin berkembangnya jaman, kita juga dipermudah dengan munculnya beragam kepraktisan hidup. Salah satunya adalah urusan makanan. Dulu jika kita ingin mengonsumsi buah, maka kita harus membeli dan mengupasnya. Begitupun jika ingin membuat minuman es buah dalam jumlah banyak, kita juga harus memotong banyak sekali buah.

Kini ada cara yang lebih praktis untuk mengonsumsi buah, yaitu buah kalengan. Buah-buahan ini dimasukkan ke dalam kaleng yang disiram dengan air buah, sehingga membuatnya lebih awet dan tahan lama. Kira-kira baik atau tidak, ya?

Ternyata Aman

Proses pengawetan makanan itu sebenarnya telah dilakukan sejak dulu. Bedanya, orang jaman dulu menggunakan bahan alami untuk mengawetkan makanan. Semakin canggihnya teknologi, maka proses pengawetan ini dilakukan dengan cara baru, yaitu dengan dikalengkan. Sebenarnya mengonsumsi buah kaleng itu baik dan aman, kok. Buah kan memang merupakan makanan yang dibutuhkan tubuh kita setiap harinya.

Nah, buat kamu yang malas makan buah, buah kalengan ini rasanya akan menyelamatkanmu. Kamu hanya tinggal membuka kaleng, dan sudah bisa menikmatinya. Tanpa perlu mengupas tentu saja! Sumber vitamin dan mineral antara buah kalengan dengan buah segar sebenarnya sama, kok. Buah kaleng juga mengandung vitamin A, E serta serat. Buah kalengan juga memungkinkanmu untuk mengonsumsi buah musiman. Buah musiman adalah buah-buahan yang hanya bisa kamu temukan pada musim tertentu. Nah, kalau di kalengan gini kan, kamu bisa mengonsumsi kapan saja!

Sisi Negatif

Ternyata nih, buah kalengan itu bisa meningkatkan berat badan. Berbeda dengan buah segar, buah kalengan mengandung gula atau pemanis buatan. Bayangkan jika kamu mengonsumsi buah kalengan yang dicampur dengan kue atau puding. Semakin banyak gula yang kamu makan. Bad newsnya lagi nih, efek samping dari proses pengalengan ini, membuat kadar vitamin B serta vitamin C pada buah jadi berkurang.

Meskipun kamu akan merasa jika makananmu steril karena berada di dalam kaleng, namun sebaiknya kamu mencucinya sebelum mengonsumsinya. Biasanya nih, produsen mengawetkan buah-buahan dalam kaleng dengan menggunakan air garam. Buah yang diawetkan dengan air garam dan disimpan dalam waktu yang lama, dapat membuat kadar sodium meningkat. Jika dikonsumsi, dapat memicu berbagai penyakit seperti kanker, darah tinggi, strok hingga kerusakan ginjal. Keluarkan buah kalengan, lalu basuh di bawah air dingin yang mengalir hingga residu garamnya hilang. Lalu keringkan dengan paper towel, dan buah siap digunakan atau dikonsumsi!

Cara aman untuk mengonsumsi buah kaleng adalah dengan tidak mengonsumsinya setiap hari, dan jangan lupa untuk mencuci buah kaleng sebelum digunakan. Jangan lupa untuk melihat takaran gizi yang terdapat pada buah kaleng. Selain itu, selalu perhatikan kemasannya, ya. Pastikan kamu memilih kaleng yang bagus, tidak peyok, atau bocor.

 

 

Article Lainnya


4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

Minum  Air Hangat  Selamatkan Nyawa

Minum Air Hangat Selamatkan Nyawa

Para peneliti Jepang menemukan fakta, air hangat 100% efektif dalam menyelesaikan be...

Nasi  Ayam Hainan  Homemade

Nasi Ayam Hainan Homemade

Dalam bahasa aslinya, nasi Hainan bernama hanzi atau hanyu piyin. Meski berasal dari...

JELAJAH