Kembali ke Article

Bakery Biasa VS Artisan Bakery, Ini 4 Perbedaannya!

25 Nov 2019 Ragam
Bakery Biasa VS Artisan Bakery, Ini 4 Perbedaannya!
25 Nov/2019

Secara tampilan, sekilas mungkin nampak sama. Bahkan mungkin kamu enggak bisa membedakan antara mana yang merupakan artisan bakery, dan manakah yang dari bakery biasa. Kalau kamu mencicipinya, kamu akan menyadari adanya perbedaan yang cukup kontras diantara keduanya. Mulai dari cara pembuatannya hingga tekstur rotinya. Kira-kira apa aja ya perbedaannya?

Cara Pembuatan Tradisional

Jika biasanya roti dibuat dengan menggunakan mesin pemanggang yang kekinian, artisan bakery justru dipanggang di oven perapian yang tradisional. Oven ini didesain untuk menyebarkan uap dari dan ke ruang pembakaran. Alhasil, pembuatan rotinya pun menjadi lebih lama dibandingkan roti biasa yang dibuat secara massal menggunakan mesin. Hal ini memang karena roti artisan dibuat dalam jumlah terbatas. Selain itu, proses fermentasi pada roti artisan lebih lama dibandingkan proses fermentasi pada roti biasa. Bahkan bisa memakan waktu hingga 24 jam, dengan tujuan supaya menambah rasa serta tekstur pada roti.

 Dibuat  handmade 

Roti dalam artisan bakery dibuat dengan menggunakan teknik manual menggunakan tangan. Karena dibuat secara handmade, hasil pembuatan rotinya pun seringkali terlihat ‘berbeda’. Kalau roti buatan pabrik berhasil dibuat dengan ukuran yang sama persis, mungkin roti buatan tangan ini akan sedikit berbeda. Ada yang sedikit lebih besar, tidak bulat sempurna dan sebagainya. Meski begitu, pembuatan yang tradisional inilah yang justru menjadi keunikan dari artisan bakery, yang enggak kamu temukan di roti buatan pabrik atau mesin.

Bahan Terbaik

Cita rasa yang begitu unik, ternyata hanya didapat dari empat bahan utama yaitu tepung, garam, air, dan ragi. Meski begitu, keempat bahan yang digunakan tersebut haruslah yang terbaik. Selain berkualitas baik, dipastikan juga menggunakan bahan yang masih ‘segar’. Hal ini bertujuan untuk menciptakan rasa serta tekstur roti yang bagus. Tepung yang digunakan dalam membuat roti artisan biasanya menggunakan tepung dengan protein yang lebih rendah dan tingkat kelembaban tinggi. Artisan baker bahkan punya supplier untuk bahan-bahan pembuatan rotinya sendiri-sendiri, lho. Totalitas dalam pembuatan, membuat hasil roti juga maksimal enaknya!

Bukan Baker Biasa

Sesuai namanya, roti artisan dibuat oleh artisan baker. Artisan baker ini akan selalu berinovasi pada roti yang mereka buat. Mereka kerap menggunakan resep dan teknik pembuatan roti secara tradisional. Mereka juga memiliki ‘signature’ pada rotinya sendiri. Maksudnya adalah kreasi yang dibuatnya adalah limited edition dan enggak bisa ditemui dimanapun. Apakah setelah membaca artikel ini, kamu jadi ingin mencicipi betapa spesialnya artisan bakery? Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

 

 

 

 

 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Akhirnya, Daging Imitasi Dijual Di Pasaran

Startup asal Israel, Redefine Meat, berhasil menciptakan ‘daging’ berbahan dasar...

JELAJAH