Kembali ke Article

Bantu Tenaga Medis Hadapi Wabah Covid19, Pengusaha Galang Dana Beli APD

24 Mar 2020 Ragam
Bantu Tenaga Medis Hadapi Wabah Covid19, Pengusaha Galang Dana Beli APD
24 Mar/2020

Gerak cepat dilakukan Asosiasi Pengusaha Teknologi, Informasi dan Komunikasi Nasional (APTIKNAS) dengan  memberikan bantuan Alat pelindung Diri (ADP) yang digunakan tenaga medis untuk menangani pasien corona. Upaya ini sebagai bentuk kepedulian para pelaku usaha kepada para tenega medis yang berjuang sebagai garda terdepan dalam menyembuhkan pasien terjangkit corona.

Pemerintah sudah menghimbau agar masyarakat bekerja dari rumah. Namun hal ini tidak berlaku bagi para tenaga medis dan dokter. Mereka harus bekerja siang malam untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Di lain sisi, Alat pelindung diri (APD) yang digunakan tenaga medis untuk menangani pasien corona makin minim.

ilustrasi APD
ilustrasi APD

Hal ini tentu saja menjadi ancaman tersendiri bagi tenaga medis, terlebih mereka berhubungan langsung dengan pasien positif corona. Para perawat bahkan harus menggunakan masker dan alat pelindung diri yang sama untuk banyak pasien selama satu hari atau satu shift kerja. Idealnya, satu masker digunakan untuk menangani satu pasien. Setelah selesai, masker harus diganti saat tenaga medis akan menangani pasien lain.

Ketua Umum APTIKNAS, Soegiharto Santoso mengatakan, saat ini pihaknya tengah bekerjasama dengan Asosiasi Sistem Integrator dan Sekuriti Indonesia (ASISINDO) untuk menggalang dana. Nantinya dana yang dikumpulkan akan diberikan untuk keperluan tenaga medis berupa ADP.

"Kita sedang menggalang dana untuk membeli peralatan medis untuk membantu para medis, dokter perawat. Hal ini Karena banyak peralatan medis dibutuhkan tidak ada di pasar. Kita sedang menghimpun dana bersama teman teman," terangnya kepada media.

Soegiharto  mengatakan gerakan ini dinamakan Indonesia Bisa Lawan Corona dengan hashtag #bantudarirumah. Di samping itu, pihaknya juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang tergerak hatinya untuk ikut berdonasi mendukung kegiatan ini dengan cara melakukan transfer dana ke rekening BCA 015-4564-515 atas nama Sugiyanto. Dan yang telah melakukan transfer mohon dapat menginformasikan kepada contact person Nurul 085775866845.

Ketua umum ASISINDO, Tan Widarno mengatakan gerakan ini dinamakan INDONESIA BISA LAWAN CORONA dengan hashtag #bantudarirumah . Tan menjelaskan tujuan penggalangan dana ini karena ada banyak sekali info dari para tenaga medis dan dokter yang saat ini kekurangan APD.

Lebih lanjut Ketum  APTIKNAS, Soegiharto Santoso alias Hoky mendukung sepenuhnya aksi sosial ini. “Di tengah situasi wabah saat ini, ada baiknya kita bersatupadu membantu meringankan tugas paramedis, lewat hal-hal yang bisa kita lakukan. Bantuan APD ini sangat diperlukan dan kami berharap aksi ini dapat bermanfaat,” tutur Hoky.

Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT Ketua APTIKNAS DPD Jawa Timur
Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT Ketua APTIKNAS DPD Jawa Timur

Di tempat terpisah Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT Ketua APTIKNAS DPD Jawa Timur mengajak seluruh elemen pelaku usaha untuk mendukung gerakan ini. “Banyak sekali info yang menyatakan tenaga medis kita yang kekurangan APD. Ini sangat berbahaya sekali. Tenaga medis bagaimanapun juga manusia biasa yang perlu dilindungi saat bertugas. Sudah banyak tenaga medis yang menjadi korban wabah covid19 ini.  Mereka telah berkorban jiwa dan raga buat kita. Inilah saatnya bagi kita membantu menunjang pekerjaan mereka dengan menyediakan APD ini,” tegas Okky.

Rencananya mulai malam ini ASISINDO dan APTIKNAS akan impor APD lewat pengiriman udara. Gerak cepat ini perlu mengingat sulitnya  mendapatkan supplier lokal untuk beberapa item dan stok saat ini sudah menipis sekali. Opsi mengimport  tersebut  diambil agar tidak mengambil atau mengurangi jumlah persediaan yang memang sudah siapkan disini.

Article Lainnya


Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut Moon Cake Ala Makanabis

Chestnut atau kastanya sudah tidak asing bagi penggemar kacang-kacangan. Kacang ini memiliki ciri kh...

6 Khasiat Kacang Merah

6 Khasiat Kacang Merah

Tidak seperti kedelai yang olahannya sudah banyak diketahui orang yaitu tempe, tahu sampai susu kede...

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Teko, Piring & Mug Blirik, Riwayatmu Dulu

Mungkin sudah tidak banyak lagi yang menggunakan cangkir atau mug enamel dengan twotone color ini. B...

Ayam Kecap Sicuan

Ayam Kecap Sicuan

Ayam kecap masak Sicuan ini memang sangat mudah untuk membuatnya. Hanya dengan beberapa bumbu dasar,...

JELAJAH