Kembali ke Article
Bebek Timbungan Bali Masak Bambu   foto:balitravel
23 Oct/2019

Bebek Timbungan Bali Masak Bambu

23 Oct 2019 Food Story

Berbicara mengenai kuliner nusantara tak akan ada habisnya. Banyak sekali makanan nusantara yang di turunkan oleh nenek moyang kita. Meskipun jaman dulu teknologi dalam memasak belum secanggih sekarang, namun dapat menghasilkan makanan yang enak dan memiliki gizi yang tinggi.

Berbicara mengenai kuliner warisan nenek moyang ada satu makanan yang memiliki rasa super enak. Makanan ini berasal dari Pulau Bali, berbahan dasar dari bebek. Bagi anda pencinta bebek jangan ketinggalan   untuk mencicipi makanan satu ini. Makanan ini adalah bebek timbungan, adakah dari anda yang mengetahui makanan ini ? jika belum, Anda cukup beruntung karena makanabis akan membagikan laporannya untuk pembaca sekalian.

Sejarah bebek timbungan sudah ditemukan ketika manusia masih berpindah-pindah atau nomaden. Pada masa itu manusia masih sangat bergantung dengan alam. Mulai dari alat memasak hingga bumbu yang akan dimanfaat didapatkan dari dalam hutan atau alam. 

Timbungan sendiri berasal dari kata embung yang berarti bambu dalam bahas bali. Pada dasarnya timbungan merupakan sebuah teknik mengolah makanan menggunakan bambu sebagai alat memasak atau timbung.

Sejatinya, hewan olahan yang digunakan tidak hanya bebek, bahkan babi hutan, kerbau maupun ikan dapat di dijadikan timbungan, karena keunikan dan tingkat kesulitannya, banyak yang mempergunakan bebek sebagai bahan timbungan. Menu bebek timbungan merupakan salah satu sajian terkenal dan tertua khas Pulau Dewata. Dirunut dari sejarah, menu bebek timbungan disajikan kepada raja-raja atau pejabat tinggi saat meggelar pesta pada zaman dahulu.

Pada mulanya bebek timbungan hanya dihidangkan pada ritual upacara adat Bali saja. Dikutip dari naskah kuno Dharma Caruban, salah satu menu Bali yang paling tradisional dalam upacara ritual adalah timbungan. Timbungan sendiri berasal dari kata "embung atau timbung" yakni rebung bambu atau bambu muda. Namun pada masa kini bebek timbungan sudah bisa dinikmati oleh masyarakat. 

Berbicara mengenai cara memasaknya, memasak bebek timbungan bukan hal yang mudah karena pada proses memasak bebek ini diperlukan bambu. Bambu yang digunakan tidak sembarangan melainkan bambu yang telah dipilih dengan berbagai pertimbangan. Oleh karena itu bebek timbungan menghasilkan aroma yang unik dan cita rasa yang sangat enak. 

 

Cita rasa dan aroma ini muncul karena bumbu yan dimasukan kedalam bambu untuk membumbui bebek telah ditambahkan rempah-rempah. Rempah-rempah ini juga bermanfaat menambah nilai gizi pada makanan. Untuk tekstur daging bebeknya empuk. 

Bebek timbungan juga memiliki khasiat yang sangat penting karena pada dasarnya daging memiliki manfaat yaitu dapat mencegah anemia, melembabkan kulit, menyehatkan rambut, dan dapat memperkuat gigi dan tulang. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Tak Hanya Untuk Kue, Ini Manfaat Baking Soda bagi Kesehatan

Bagi yang gemar membuat kue sendiri, pasti tidak asing lagi dengan yang namanya baking soda.Baking s...

JELAJAH