Kembali ke Article

Beda 4 Jawara Dunia Kopi

06 Oct 2020 Coffee N Tea
Beda 4 Jawara Dunia Kopi foto : daily meal
06 Oct/2020

Saat ini kopi bukan lagi sekedar minuman pengusir kantuk. Kopi kini menjelma menjadi sebuah gaya hidup dan eksistensi bagi para peminumnya.  Ekstraksi biji tanaman kopi yang kemudian dikeringkan dan dihaluskan menjadi bubuk ini, mempunyai penikmatnya sendiri di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia.

 

Tak hanya kopi tubruk,  Espresso, Latte, Cappuccino serta Mocha kini punya penikmat di Indonesia. Makanabis ingin memberikan sedikit info mengenai pembeda keempat olahan kopi yang kini kian populer dikalangan milenial ini. Berikut ulasannya. 

foto : tianjin
foto : tianjin

 

Espresso

 

Kopi pekat dan berwarna hitam serta kental sekali dalam penyajiannya. Umumnya, espresso mempunyai rasa yang sangat kuat khas kopi hitam. Meminum espresso  tanpa mencampurinya dengan gula ataupun dengan susu adalah cara terbaik. Biasanya, espresso disajikan dalam sebuah gelas yang kecil yang disebut dengan shot.

 

foto : wikipedia
foto : wikipedia

Latte

Latte dikenalkan pertama kali dan menjadi begitu popular di wilayah Amerika Utara. Hingga kemudian saat hijrah ke Eropa, Latte cenderung dinikmati oleh anak-anak remaja atau para peminum kopi yang baru. Sering kali, masyarakat bingung  antara latte dan juga cappuccino.

 

 

Latte adalah espresso dengan kombinasi susu yang telah dihangatkan dengan cara dikukus menggunakan uap air. Cafe latte adalah campuran antara espresso dengan sejumlah susu cair dengan perbandingan 1 berbanding 2. Tapi ada juga yang mengatakan  perbandingan dari sebuah latte adalah 2/6 espresso, 3/6 susu cair, serta 1/6 foam atau busa susu. Pola ini   membuat latte mempunyai rasa kopi yang lebih ringan dari cappuccino.

foto : rocking recipes
foto : rocking recipes

Cappuccino

Cappuccino adalah   kopi yang sangat popular di Negara Italia.  Cappuccino terdiri dari espresso, susu cair dan juga busa susu diatasnya. Busa susu yang menutupi kopi inilah yang menyerupai sebuah topi atau cap, asal nama cappuccino.

 

Minuman cappuccino ini seringkali disamakan dengan latte, padahal dua jenis minuman yang berbeda. Biasanya, cappuccino merupakan minuman yang dibuat dengan perbandingan 1/3 espresso, 1/3 susu cair dan 1/3 busa susu. Harus tepat, tidak boleh lebih atau over lapping

foto : gather for bread
foto : gather for bread

Mocha

 

Terakhir, mocha adalah minuman yang pada dasarnya merupakan gabungan antara kopi dan juga coklat. Ada beberapa varian coklat yang biasanya dicampur dalam minuman mocha ini. Beberapa mocha menggunakan sirup coklat namun ada juga yang menggunakan  coklat bubuk. Coklatnya pun banyak variasinya, ada coklat putih maupun dark chocolate untuk dicampurkan kedalam mocha. Dan pamungkasnya adalah  diatas minuman tersebut disemprot dengan whipped cream.

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Herbal Alami Anti Hipertensi & Kolesterol

Keluhan kesehatan yang paling sering terjadi pada masa sekarang adalah hipertensi dan kolest...

JELAJAH