Kembali ke Article

Beda Mayonais dan Mustard, Sudah Tahu?

23 Oct 2020 Ragam
Beda Mayonais dan Mustard, Sudah Tahu? Image Source: medinabaking.com
23 Oct/2020

Saat menyantap burger, hotdog, sandwich, dan salad, mayonais maupun mustard biasanya akan disajikan bersamaan sebagai pelengkap. Kedua jenis saus tersebut hampir mirip jika dilihat secara sekilas. Akan tetapi, mayonais dan mustard rupanya memiliki perbedaan yang mencolok dari segi bahan baku, pembuatan, hingga kandungan nutrisinya. Agar lebih detail, Makanabis akan mengulas perbedaan mayonais dan mustard di bawah ini.

 

Image Source: https://www.bbcgoodfood.com/
Image Source: https://www.bbcgoodfood.com/

Mustard

Mustard merupakan saus yang terbuat dari biji moster yang dicampur dengan kunyit, gula, bawang putih, tepung, cuka, garam, dan air. Untuk membuat saus mustard, dibutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mayonais karena proses perendaman biji moster. Semakin lama biji moster direndam, maka rasa saus akan semakin pedas. Oleh sebab itu, ciri khas dari saus mustard yang paling mencolok adalah adanya rasa pedas saat menyantapnya. Selain itu, penggunaan kunyit juga mempengrahui warna dari mustard yang cenderung lebih kekuningan.

 

Image Source: https://www.fifteenspatulas.com/
Image Source: https://www.fifteenspatulas.com/

Mayonais

Mayonais dibuat dari minyak nabati yang dicampur dengan telur dan cuka. Dari segi bahan baku, mayonais sangat berbeda dengan mustard sehingga tentunya menghasilkan rasa yang berbeda pula. Rasa mayonais cenderung lebih manis, asam, dan gurih. Meskipun memiliki perpaduan rasa yang menghasilkan kelezatan yang khas, mayonais rupanya memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi dari pada mustard. Melalui proses pembuatan yang juga berbeda dari mustard, tekstur mayonais lebih creamy. jika warna mustard cenderung kekuningan, mayonais berwarna putih pekat seperti yoghurt.

 

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kandungan kalori mayonais lebih tinggi daripada mustard. Oleh sebab itu, konsumsi mayonais harus tetap dibatasi bagi orang-orang yang tengah menjalankan diet.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH