Kembali ke Article

Benarkah Kandungan Protein Ikan Bandeng Kalahkan Daging??

01 Sep 2020 Headline Healthy Food
Benarkah Kandungan Protein Ikan Bandeng Kalahkan Daging??
01 Sep/2020

Salah satu sumber gizi adalah ikan. Dan ikan konsumsi yang mudah untuk dijumpai sekaligus murah adalah ikan bandeng. Baik yang masih segar dari tambak atau aneka olahan bandeng sangat mudah untuk didapat. Selain lezat dan gurih, kandungan gizi ikan bandeng ternyata sangat banyak dan bermanfaat bagi tubuh manusia. Bahkan hasil riset menunjukkan bandeng lebih hebat ketimbang daging. Masih memandang rendah ikan bandeng? Simak laporan Makanabis berikut ini:

 

 

Ikan bandeng terbilang sumber protein hewan yang baik untuk dikonsumsi dibandingkan sumber protein hewani lainnya. Kandungan protein di dalam daging ikan bandeng sebesar 20,59 persen, lebih besar dibandingkan daging sapi yang hanya 18,8 persen, domba 17,1 persen, kambing 14,8 persen, ayam 18,2 persen, dan telur ayam 12,8 persen.

Selain protein, bandeng juga mengandung asam amino esensial seperti lisin, methionine, sistein, threonine, dan triptopan. Kandungan gizi asam amino dan lisin di dalam bandeng terbilang tinggi, asam amino sebesar 1,886 gram per 100 gram daging dan lisin sebesar 1,669 gram per 100 gram daging.

 

 

Asam amino tersebut sangat berguna untuk memperlancar sistem metabolisme yang berguna untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas serta ancaman penyakit. Asam amino juga berfungsi untuk pertumbuhan dan penyembuhan beberapa macam penyakit.

 

 

Jika dibandingkan sumber protein hewani lainnya seperti daging ayam, sapi, kambing, dan telur ayam, kandungan lemak dalam daging ikan bandeng jauh lebih sedikit. Kandungan asam lemak tak jenuh di dalam bandeng jauh lebih tinggi dibandingkan asam lemak jenuh yang tidak baik untuk kesehatan.

Asam lemak tidak jenuh di dalam bandeng sebesar 1,840 gram per 100 gram daging, sedangkan kandungan asam lemak jenuhnya sekitar 1,660 gram per 100 gram daging. Pada daging ayam yang lebih sering dikonsumsi, kandungan asam lemak jenuh oleat sangat besar, yaitu sekitar 62,664-68,541 gram per 100 gram daging. Sementara itu, asam lemak tak jenuhnya hanya sekitar 0,16-0,83 gram per 100 gram daging. Sebuah nilai yang terbalik yang didapatkan saat mengkonsumsi daging ayam. Padahal asam lemak tak jenuh dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tubuh sejak dari perkembangan janin dalam rahim, perkembangan otak dan mata pada anak-anak, dan berguna untuk memperlancar perederan darah dalam tubuh orang dewasa. Bagaimana, masih ragu makan ikan bandeng???

 

 

Article Lainnya


Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Jagung Keju Mozerella Nikmat Molor

Hanya dengan lima bahan baku, makanabis akan membagikan resep kudapan yang nikmat nan sehat....

JELAJAH