Kembali ke Article

Uji Nyalimu, Berani Makan TelurEmbrio Bebek Khas Filipina ?

09 Dec 2019 Food Story Headline
Uji Nyalimu, Berani Makan TelurEmbrio Bebek Khas Filipina ?
09 Dec/2019

Setiap negara pasti punya kuliner ekstrimya sendiri. Di Filiphina, ada satu kuliner yang cukup ekstrim dan bikin kita begidik ngeri. Namanya balut, kuliner telur isi embrio bebek. Tahu embrio? Bahasa lainnya adalah janin alias calon bayi bebek. Embrio bebek ini berumur sekitar 18-21 hari. Telur ini direbus terlebih selama 20 menit, sebelum bisa dinikmati. Yup, embrio di dalamnya direbus dalam kondisi hidup. 

Makanan Ekstrim 

Kamu gak akan kesulitan untuk mencari kuliner balut di Filiphina. Gak harus direstoran mewah, kamu bisa menemukan balut dijual di pinggiran jalan oleh pedagang kaki lima. Asal kamu tahu, balut menjadi makanan yang menuai banyak kontroversi dari masyarakat. Orang filiphina juga love-hate relationship sama makanan ini.

Katanya nih, meskipun benci dan cinta dengan sajian ini, rupanya hampir semua masyarakat filiphina pernah mencobanya. Pasalnya, balut kerap dijadikan sebagai bahan untuk melakukan penelitian biologi oleh anak-anak sekolah. Setelah menjadikan sebagai bahan pelajaran, mereka diharuskan memakannya supaya tidak mubazir. Kalau enggak, nilai mereka bisa dikurangin. Pantesan sajian ini dikenal oleh seluruh masyarakat Filiphina, ya.

Bikin Ngeri 

Cara membukanya adalah dengan mengupas kulit telurnya. Dari luar sih terlihat seperti telur asin normal pada umumnya. Namun begitu dibuka, mungkin kamu tiba-tiba menjadi lemas luar biasa. Kamu akan melihat pembuluh darah, serta penampakan ‘bayi bebek’ lengkap dengan paruhnya. Embrionya sudah terbentuk dan sudah bisa diidentifikasikan sebagai calon bayi bebek. Ini membuat sebagian orang yang menyantapnya mendadak merasa tidak tega.

Cita Rasa unik

Bertanya-tanya, gimana cara mengonsumsinya? Ada beberapa cara, sih. Jangan kupas semua kulit telurnya. Kupaslah sebagian, lalu kamu bisa menyeruput cairan yang ada di dalamnya. Yup, cairannya cukup banyak sehingga bisa ‘tumpah’. Lanjutkan untuk mengupas sisanya lalu gigit!

Tidak semua orang tega untuk memakannya. Bahkan mereka yang mencicipi dengan ragu, kerap berakhir dengan mual dan muntah-muntah karena rasa balut yang tak biasa. Berdasarkan mereka yang sudah pernah mengonsumsinya, telur isi embrio bebek ini punya rasa yang gurih. Selain itu, akan ada sensasi renyah dan sedikit keras, karena tentu kamu harus memakan embrio bebeknya yang tentunya sudah memiliki tulang, paruh serta bola mata. Masyarakat filiphina kerap menambahkan bumbu seperti cuka, cabe, atau garam untuk membuat rasanya jadi asam pedes gurih. Apakah kamu cukup berani dan tabah untuk mengonsumsinya? Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Pisang Karamel Super Easy

Pisang Karamel Super Easy

Pisang digoreng memang enak, tapi kalau olahan pisang hanya digoreng melulu tentu akan membo...

5 Tips Agar Mata Tak Merah  Saat Memotong  Bawang Merah

5 Tips Agar Mata Tak Merah Saat Memotong Bawang Merah

Semua pasti kenal bawang merah karena hampir semua masakan Indonesia menggunakan bawang merah sebaga...

Sisi  Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Sisi Mistis Makanan, dari Tangkal Hantu hingga Lunturkan Sihir

Ada hal yang menarik di dalam dunia kuliner. Ternyata beberapa jenis hantu justru taku...

JELAJAH