Kembali ke Article

Jaga Lingkungan, Stop Lakukan Ini di Dapur!

10 Jan 2020 Inspirasi
Jaga Lingkungan, Stop  Lakukan Ini di Dapur!
10 Jan/2020

Kondisi bumi yang semakin memprihatinkan setiap harinya, membuat setiap individu diwajibkan untuk berperan menjaga lingkungannya. Namun masih saja banyak yang tidak peduli dengan isu tersebut dan malah menambah tingkat pencemaran lingkungan. Bahkan, beberapa benda sepele, seperti bahan dapur yang tanpa disadari dibuang dengan sembarangan juga berpotensi menimbulkan pencemaran. Oleh karenanya, Makanabis akan mengulas beberapa bahan dapur yang dapat menyebabkan pencemaran jika dibuang kedalam wastafel.

Teh Celup

Bagi kamu yang bertanya-tanya mengapa teh celup dapat menyebabkan pencemaran, semua itu terletak pada pembungkusnya, bukan pada tehnya. Pembungkus teh celup terbuat dari bahan baku yang tidak ramah lingkungan, seperti polyethlene terephthalate (PET), nilon, dan plastik. Bahan-bahan tersebut tidak mudah terurai dikarenakan teh celup memang didesain untuk tidak mudah hancur saat dicelupkan kedalam air panas. Maka, wajib untuk tidak membuangnya kedalam wastafel.

Limbah Minyak Goreng

Limbah minyak goreng atau yang biasa kita sebut sebgai minyak jelantah juga dapat mencemari lingkungan. Hal itu dikarenakan minyak tidak bisa terurai dengan air saat masuk kedalam pipa wastafel. Selain menyumbat wastafel, limbah minyak yang terbawa sampai ke sungai dan laut akan merusak ekosistem disana. Maka dari itu, alih-alih membuang sisa minyak goreng kedalam wastafel, lebih baik masukkan kedalam toples terlebih dahulu untuk dibuang ke tempat sampah.

 

Sumber : britanica.com
Sumber : britanica.com

Susu

Susu memang sangat baik bagi kesehatan karena memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Namun susu bisa sangat berbahaya apabila limbahnya tidak dibuang dengan cara yang benar. Membuang sisa susu pada wastafel dapat merusak ekosistem di perairan. Hal itu bisa terjadi karena susu yang dibuang ke wastafel dan sampai ke sungai atau laut akan menyebabkan air kekurangan oksigen. Tentunya kejadian ini akan menyebabkan populasi hewan laut berkurang atau bahkan punah.

Sumber : tribunnews.com
Sumber : tribunnews.com

Air Rebusan Mie Instan

Sudah menjadi rahasia umum jika air rebusan mie instan sangat berbahaya. Bahkan saat hendak mengonsumsi mie instan, air rebusannya memang sebaiknya tidak dikonsumsi dan dibuang atau diganti. Hal itu dikarenakan adanya zat pati atau lilin yang terkandung pada mie instan dan terbawa oleh air rebusannya saat dimasak. Tak hanya itu, air rebusan mie instan juga sebaiknya tidak dibuang di wastafel karena dikhawatirkan akan sampai pada sungai atau laut yang dapat menyebabkan rusaknya ekosistem.

Sumber : ilmubudidaya.com
Sumber : ilmubudidaya.com

Ampas Kopi

Bagi kamu yang doyan minum kopi, alangkah baiknya untuk tidak pernah membuang ampas kopi kedalam wastafel. Hal sepele ini ternyata dapat mencemari lingkungan karena tekstur ampas kopi yang selalu menggumpal dapat menyumbat saluran pipa wastafel, bahkan lebih parah lagi akan merusak ekosistem air jika sampai ke sungai atau laut. Oleh karenanya, ampas kopi lebih baik dibuang ke pot bunga untuk menyuburkan tanaman daripada kedalam wastafel.

Barangkali dari cara pembuangan kelima bahan dapur diatas sudah sering kamu lakukan, maka segeralah berehenti. Untuk mendapatkan lingkungan yang sehat dan bebas dari pencemaran, tentu kita harus senantiasa bersikap bijak dalam mengatur pola pembuangan sampah, tak terkecuali bahan-bahan dapur yang selama ini dianggap organik dan tidak berbahaya. Selamat hari lingkungan hidup!

Horay tahun baru, makan enak jajan terooosss! Selama sebulan kedepan kalian bisa hemat makan enak di Food Junction Grand Pakuwon Surabaya pakai meeberian. Dapetin diskon makan hingga 69% dengan memesan makananmu pakai aplikasi meeberian, yuk buruan download sekarang di hapemu! Inas Rifqia

Article Lainnya


Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Setelah Idul Adha biasanya stok daging masih tersisa melimpah di kulkas. Yang agak ribet adalah menf...

Minyak Ikan, Untuk  Berat Badan Ideal

Minyak Ikan, Untuk Berat Badan Ideal

Memiliki postur yang ideal adalah idaman semua orang. Tentu saja semua itu mensyaratkan pemenuhan ke...

Ini Rahasia Ayam Goreng  Lunak Hingga Tulang

Ini Rahasia Ayam Goreng Lunak Hingga Tulang

Konsumsidaging ayam di Indonesia terus meningkat. Jika di 2017 sudah mencapai 5,68 kg per kapi...

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang mengering seiring dengan pertumbuhan sarang. Ai...

JELAJAH