Kembali ke Article

Kamus Istilah-Istilah Masakan Jepang!

23 Oct 2019 Tips n Trick
Kamus Istilah-Istilah   Masakan Jepang!
23 Oct/2019

Siapa disini yang sering banget makan di Japanese restaurant? Pasti sudah enggak kebingungan untuk memesan menu, dong? Buat mereka yang belum pernah atau jarang sekali makan di restoran masakan Jepang, pasti akan cukup kesulitan untuk memahami menunya. Bukannya ditulis dengan huruf hiragana ataupun katakana, namun istilahnya mungkin masih asing di telinga mereka. Kali ini, Makanabis akan memberitahukan berbagai istilah dalam masakan khas Jepang

Yaki

Sajian masakan dengan kata “yaki” ini berarti dibuat dengan cara digoreng ataupun dibakar, menggunakan sebuah wajan datar atau teflon. Menu yaki yang terkenal seperti Teppanyaki, yakimeshi, yakitori, takoyaki hingga teriyaki. Kamu suka pesan menu Yaki ketika berkunjung ke restoran Jepang?

Don

Jika kamu memesan menu dengan kata “don”, berarti masakanmu akan disajikan dalam wadah mangkuk. Isiannya biasanya adalah nasi dengan katsu atau apapun lauknya. Menu yang cukup terkenal adalah gyudon, sajian nasi plus irisan daging sapi yang disajikan dalam mangkuk.

Katsu

Kayaknya sih ini adalah istilah dalam masakan khas Jepang yang cukup familiar bagi banyak orang. Anak-anak juga paling suka menu ini. Katsu itu berarti potongan daging yang dilumuri tepung roti, kemudian digoreng hingga matang. Teksturnya garing dan renyah. Biasanya disajikan dalam bentuk dipotong memanjang dan diletakkan di piring datar. Siapa yang enggak familiar dengan menu chicken katsu curry? Hihihi

Age

Kamu tahu menu makanan jepang bernama “karaage”?. Yup, kata Age dalam bahasa Jepang berarti menggoreng dalam minyak panas hingga tercelup alias deep fried. Karaage itulah contohnya. Ayam dipotong kecil-kecil, dilumuri dengan tepung, kemudian digoreng hingga matang. Teksturnya renyah, namun dagingnya biasanya masih terdapat tulang dan juicy.

Shiru

Bukan, bukan nama anjingnya shincan. Shiru dalam bahasa Jepang artinya makanan berkuah atau sup. Salah satunya adalah menu miso shiru. Jadi, kalau kamu ingin memakan sesuatu yang berkuah, pilihlah menu dengan tulisan “shiru”.

 Maki

Maki disini bukan berkata kasar, lho. Untuk istilah ini, akan kamu temukan dalam sajian sushi. Maki itu artinya menggulung. Makanan jepang yang terdapat kata “maki” nya, berarti disajikan dengan cara digulung.

Mushi

Mushi artinya dikukus. Yup, makanan jepang yang akan disajikan, dibuat dengan cara dikukus. Menu kukusan yang terkenal adalah Chawanmushi. Menu chawanmushi adalah telur yang dicampur dengan dashi, kemudian dituang ke dalam sebuah gelas dan dikukus. Rasanya sangat lembut dan bikin nagih!

Sekarang kamu enggak kebingungan lagi, kan? Semisal masih perlu bantuan atau penjelasan mengenai menu yang kamu pilih, jangan ragu untuk bertanya kepada pelayannya ya. Daripada sok tahu, tapi nanti menyesal di belakang! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 70%, penasaran? cari tahu di meeberian.

Article Lainnya


Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Daun Sirih, Satu Daun Sembuhkan Berbagai Penyakit

Masih menganggap daun sirih hanya untuk menginang? Hanya untuk nenek-nenek? Anda kel...

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

4 Manfaat Makan Perlahan, dari Cegah Bau Mulut hingga Resistensi Insulin

Proses pencernaan makanan diawali dengan mengunyah. Secara medis, manusia harus meng...

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Resep Sate Maranggi Rumahan Lezatnya Bikin Makanabis

Beda sate maranggi dengan jenis sate lainnya adalah pada proses marinasinya. Marangi...

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Rambut Bermasalah? Coba Rebusan Daun Salam

Daun salam tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh saja. Daun penyedap...

JELAJAH