Kembali ke Article

Bikin Sendiri Hand Sanitizermu

23 Mar 2020 Tips n Trick
Bikin Sendiri Hand Sanitizermu
23 Mar/2020

Merebaknya wabah covid19 telah merubah segalanya. Ribuan orang telah meregang nyawa akibat keganasannya. Dari data yang diperoleh Makanabis.com, banyak orang mulai berebut memborong habis alat-alat kesehatan untuk mencegah persebaran covid19. Diantaranya, masker, alkohol dan sanitizer. Kedua benda ini mendadak menjadi langka, kalaupun ada harganya jadi gila-gilaan.

Masker, hand sanitizer, dan alkohol,ketiga barang tersebut  dianggap paling efektif untuk meminimalisasi penularan virus yang sudah merenggut nyawa 48 orang di Indonesia saja.

Cara termudah untuk tetap higeinis adalah membuat sendiri hand sanitizer dari bahan-bahan alamiah salah satunya daun sirih. Hand sanitizer dari sirih ini selain lebih alami, daya antisepticnya juga tidak kalah berkualitasnya dibandingkan campuran dua bahan kimia tadi.

Cara pembuatan dan bahan-bahannya pun sangat mudah sediakan  daun sirih secukupnya, air bersih secukupnya, baskom, botol, dan panci.  Ambil daun sirih, cuci  lalu potong-potong kasar kecil-kecil. Panaskan air di atas api menggunakan panci hingga mendidih. Masukan potongan-potongan sirih di dalam wadah, di atas air putih yang mendidih di dalam panci sekitar 30 menit atau sampai keluar ekstrak daun sirih. Lalu matikan kompor, dan dinginkan ekstrak sirih.

Setelah ekstrak sirih dingin, kemudian masukan dalam botol yang sudah disediakan. Hand sanitizer alami pun sudah siap Anda gunakan. Hand sanitizer berbahan daun sirih ini sanga efektif dalam membunuh kuman, bakteri hingga virus. Meski dari bahan herbal yang ada disekitar kita, namun khasiatnya tidak kalah dengan sanitizer berbahan dasar kimia.

2020 ini meeberian kasih kamu kebebasan untuk jajan lebih banyak, lebih sering, dan lebih hemat. Mulai dari kopi susu kekinian, geprek terpedas, sampai boba topping segala macem, semua bisa kamu nikmatin tanpa antri! Tenang, gak bakal kehabisan karena kamu bisa pre-order semua makanan dan minuman yang kamu mau, bahkan sebelum sampai resto/outlet.

Kurang sayang apalagi sih meeberian sama kamu? Skuy ajakin semua temanmu untuk Jajan Murah pakai meeberian. Eits, catet yaa, pakai kode vouchernya JAMURPO50 diskonnya 50% lho! Paskalis Andrew/Berbagai sumber

Article Lainnya


5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

5 Cara Memanfaatkan Daun Jeruk Purut

Sejak lama, jeruk purut dimanfaatkan tak hanya buah tapi juga daunnya. Yang paling sering pe...

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Manggis, Buah Raja Antioksidan

Penelitian menyimpulkan jika buah manggis adalah buah yang memiliki kadar antiok...

Asinan Nanas, Seger  Pedas Rasa Nendang

Asinan Nanas, Seger Pedas Rasa Nendang

Selain dijadikan bahan untuk rujak, nanas juga sangat nikmat dijadikan asinan. Asinan adalah...

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar, Segarkan Segala Hidangan

Acar berasal dari kata dalam bahasa Hindi dan Sansekerta. Artinya kurang lebih sama seperti ...

JELAJAH