Kembali ke Article

Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari, Amankah?

15 Oct 2019 Coffee N Tea
Mengonsumsi Kopi di Pagi Hari, Amankah?
15 Oct/2019

Kopi adalahsalah satu minuman yang dapat memberikan energi ekstra untuk memulai hari.Bahkan beberapa orang merasa paginya kurang afdol jika tidak mengonsumsi kopi.Kamu mungkin akan bertanya-tanya, sehatkah mengonsumsi kopi di pagi hari?Mengingat kandungan kafein yang terkandung pada kopi cukup melimpah. Kali iniMakanabis akan membahas mengenai pengonsumsian kopi di pagi hari. Yuk langsungcus!


.

Konsumsikopi di pagi hari, amankah?

Kamu harustahu dulu mengenai kondisi perutmu ketika pagi hari. Ketika bangun pagi, perutakan terasa sangat lapar. Hal ini disebabkan karena perut kita kosong. Meminumkopi saat perut dalam keadaan kosong akan meningkatkan produksi asam lambung.Asam lambung yang berlebih akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti maag.

Selain itu,tubuh kita memiliki hormon kortisol. Hormon kortisol adalah hormon yangberfungsi mengubah cadangan energi menjadi gula sebagai bahan bakar tubuh. Kopiitu akan sangat bekerja maksimal jika dikonsumsi ketika hormon kortisol sedangrendah. Sedangkan di pagi hari itu, hormone kortisol sedang tinggi-tingginya.Bayangkan saja jika kamu mengonsumsi kopi di pagi hari, maka manfaat kopi punmenjadi kurang efektif. 


.

Ada waktutertentu untuk menyeduh kopi, lho!

Ternyataada waktu tertentu yang disarankan oleh beberapa pakar kesehatan untukmengonsumsi segelas kopi. Waktu tersebut diantaranya adalah pukul 09.30 hingga11.30 sebagi waktu pertengahan pagi. Paginya tidak terlalu pagi seperti jam06.00 atau 07.00 . Kopi juga laris dikonsumsi ketika siang hari untuk menambahsemangat dan menghilangkan rasa kantuk.

 Penikmat setianya tentu saja para pekerja yangmulai lelah di pertengahan siang. Boleh saja mengonsumsi kopi di jam siang,namun batasi hingga pukul 2 siang. Kenapa? Karena kalau kamu mengonsumsi kopidi sore hari, takutnya akan mengganggu kualitas tidurmu. Kecuali kalau kamumemang berencana untuk begadang, lho.


Tetap inginmengonsumsi kopi di pagi hari?

Makanabispunya sedikit tips, supaya kamu tetap bisa mengonsumsi kopi dengan aman dannyaman di pagi hari. Pertama kamu harus pandai untuk memilih jenis kopi yangingin dikonsumsi. Pilihlah jenis kopi dengan kadar kafein yang tidak terlalutinggi. Contohnya adalah kopi espresso. Jangan membuat kopi terlalu kental danbuatlah sedikit cair.

Caralainnya adalah dengan menyeduh kopi disertai dengan makanan yang kaya akangizi, seperti roti gandum. Jangan kebiasaan untuk mengonsumsi kopi dengangorengan. Perpaduannya memang nikmat, namun bisa mengiritasi lambung danmenyebabkan gangguan pencernaan. Konsumsilah sedikit makanan terlebih dahulu,sebelum mengonsumsi segelas kopi.

Jikadiseduh dengan cara yang tepat di waktu yang tepat, kopi mampu memberikanmemberikan efek relaksasi. Menjadikanmu lebih santai, tenang dan bersemangatmenjalani aktivitas sehari-hari.

 

Article Lainnya


NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

NEW NORMAL dan Dampaknya pada Bisnis Kuliner

Sepekan terakhir, kita jadi lebih sering membaca, mendengar dan melihat di media massa mengenai New ...

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Buat Sendiri Oreo Supreme KW

Baru-baru ini brand biskuit Oreo membuat geger dunia maya karena meengeluarkan produk yang sangat ma...

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Jenis Beras dan Khasiatnya, Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu

Bagi mayoritas masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok yang tidak bisa ditinggalkan. Bahk...

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Kaviar, Emas Hitam Dunia Kuliner

Telur ikan sturgeon yang telah diproses dan digarami di dunia kuliner dinamai kaviar. Kaviar menjadi...

JELAJAH