Kembali ke Article

Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin

19 Oct 2020 Ragam
Bongkar Aksi Busuk Pedagang Ayam Tiren & Formalin foto : nbc news
19 Oct/2020

Konsumsi daging ayam saat ini sangat tinggi. Daging ayam adalah sumber protein yang terbilang terjankau dan mudah didapat masyarakat. Sayangnya, karena permintaan pasar yang demikian tinggi ini, kadang membuat oknum pedagang nakal ingin mendulang keuntungan dengan cara-cara kotor yang merugikan orang lain.

 

 

 

Dalam pantauan Makanabis, hingga saat ini, masih banyak dan dengan mudah ditemukan oknum pedagang yang menjajakan daging ayam tak layak konsumsi itu dengan harga daging segar. Daging ayam tak layak ini biasa disebut ayam tiren atau mati kemaren, bangkai atau hewan yang sudah mati sebelum disembelih. Jelas sekali, bangkai tidak dapat dan tidak layak  dikonsumsi manusia, baik untuk alasan kehalalan maupun kesehatan. 

foto : bangsa
foto : bangsa

 

Ciri-ciri

 

Ayam tiren mudah dikenali. Ciri-cirinya adalah ada bercak-bercak darah pada bagian kepala, leher, punggung, sayap dan dada. Bau daging agak anyir karena sudah menjadi bangkai. Konsistensi dada dan paha lembek. Keadaan serabut otot berwarna kemerahan dan pembuluh darah di daerah sayap berdarah. Sedangkan warna hati merah kehitaman.

foto : merlisa
foto : merlisa

 

Selain tiren Di pasaran, terkadang ada pula daging berformalin. Penambahan formalin pada daging dimaksudkan agar daging awet alias tahan dan  tidak busuk selama berhari-hari. Bagi pedagang, hal ini sangat menguntungkan, karena mereka dapat menekan kerugian karena daging ayam mereka terlihat masih bagus. Tapi hal ini buat konsumen rugi besar, daging berformalin sangat membahayakan kesehatan.

 

 

Dan ciri-ciri daging ayam berformalin adalah  warna kulit putih mengkilat, tekstur sangat kenyal, dan biasanya tidak dihinggapi lalat. Beberapa penyuntikan dan perendaman ayam pada larutan formalin kadang juga meninggalkan bau kimia pada ayam. Jadilah konsumen yang cerdas dengan menghindari dan tidak membeli daging ayam yang terlihat mencurigakan.

 

 

 

Article Lainnya


Cara Alami Obati  Radang  Usus   Buntu

Cara Alami Obati Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan organ berbentuk kantong kecil dan tipis, berukuran sepanjang 5 hingga 10 cm yan...

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Pentingnya Makan Setelah Olahraga

Selama berolahraga, latihan, atau aktifitas fisik lainnya, tubuh memperoleh bahan ...

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Saatnya Bersih-Bersih Usus

Secara medis, membersihkan usus sebenarnya tidak diperlukan kecuali jika memang Anda menderita penya...

Cumi Goreng Tepung Mantul

Cumi Goreng Tepung Mantul

Asal tidak terlalu lama memasaknya, cumi adalah hidangan seafood yang sangat lezat. Dipadupadankan d...

JELAJAH