Kembali ke Article

Bongkar Rahasia Stamina Prajurit Perang Kerajaan Jawa

05 Nov 2019 Food Story
Bongkar Rahasia Stamina Prajurit Perang Kerajaan Jawa foto:patinews
05 Nov/2019

Sejarah mencatat, peperangan sering kali terjadi di era kerajaan di Jawa. Sebut saja dari era Singosari, Kediri, Majapahit hingga Mataram, peperangan menjadi hal yang jamak kala itu.  Pasukan perang harus siap setiap saat untuk dikirim ke medan laga. Dan tentu saja, perang kala itu sangat menguras tenaga prajurit. Peperangan bisa berlangsung hingga berminggu-minggu. Namun meski begitu, stamina para prajurit itu tetap prima. Ternyata ada resep rahasia sederhana dibalik stamina yang tetap on dari prajurit itu. 

Resep itu diturunkan dari generasi ke generasi berikutnya, hingga sekarang tetap ada dan masih dipraktikkan di Keraton Jogja dan Surakarta. Resep rahasia itu adalah kelapa hijau bakar yang dipadu dengan aneka rempah Nusanatara. Tentu saja ramuan kelapa bakar ini aman dan enak jika dibanding minuman berenergi zaman sekarang yang penuh dengan bahan kimia. Seperti apa resepnya?, rempah apa yang dipakai? baca penelusuran Makanabis berikut ini:

Dicampur rempah-rempah, foto:tilik
Dicampur rempah-rempah, foto:tilik

Cari kelapa hijau yang masih segar. Rapikan dan persiapkan bagian atas sebagai jalan membuka dan memasukkan bahan-bahan rempah kedalam kelapa. Bakar seperti biasa selama sekitar 15 menit bara api yang menyala besar. Sambil menunggu air kelapa hijua tersebut, siapkan rempah-rempahnya:  Campuranrempah-rempah, cengkeh, jahe dibakar, merica, kulit kayu manis, merica, pala, dan gula aren.

Cara pembuatannya sangat mudah, rempah-rempah di haluskan secukupnya. Kemudian bakar kelapa lalu masukkan rempah-rempah yang sudah di haluskan tadi. Setelah mendidih lalu masukkan gula aren sebesar 2 jari. Aduk rata, minum pada malam hari. Usahakan setelah minum air kelapa bakar ini jangan minum air lain lagi hingga keesokan hari.

harus kelapa hijau muda
harus kelapa hijau muda

Jika perut terasa mules dan BAB encer,  itu tanda obat alami ini sedang bereaksi. Itu yang disebut detok atau keluarnya  racun-racun dalam tubuh lewat kotoran.

Untuk pemulihan,  setelah 3 hari minum air kelapa hijau bakar, pada konsumsi berikutnya, kelapa tidak perlu dibakar lagi, cukup campurkan kuning telur ayam kampong. Ramuan ini dipercaya mengobati berbagai macam penyakit, seperti menghancurkan batu ginjal, liver, prostat, sembelit, sakit pinggang dan lain sebagainya. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Paskalis Andrew.

Article Lainnya


Buat Sendiri Ayam Pop-mu

Buat Sendiri Ayam Pop-mu

Ayam pop, hidangan berbahan baku daging ayam dari Sumatera Barat. Merupakan olahan ayam goreng tanpa...

Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu

Waspada!! Jangan Campur 4 Makanan Ini dengan Susu

Susu adalah salah satu produk hewani yang banyak mengandung nutrisi dan sumber gizi. Susu mempunyai ...

Minuman Detox

Minuman Detox

Detox atau detoksifikasi yang berarti proses pembuangan toksin atau racun dalam tubuh. Detox bila di...

Rijsttafel, Menu Gaya Belanda Rasa Indonesia

Rijsttafel, Menu Gaya Belanda Rasa Indonesia

Selama ratusan tahun menjajah dan hidup di Indonesia, Belanda tidak hanya menularkan gaya hidup mere...

JELAJAH