Kembali ke Article
Brown Sugar Vs White Sugar
02 Nov/2019

Brown Sugar Vs White Sugar

02 Nov 2019 Ragam

Akhir-akhir ini ini popularitas dan penggunaan brown sugar atau gula cokelat kian meningkat. Tren pemakaian brown sugar pada dunia kuliner, dipicu oleh minuman kekinian seperti bubble tea, Cincau dan lain sebagainya yang menggunakannya sebagai pemanis. Awalnya Gula cokelat ini hanya popular dipakai dalam pembuatan kue, karena sifatnya yang cenderung lembab. Apa saja kelebihan gula colat ketimbang gula putih? baca laporan perbandingan Makanabis berikut ini:

Gula cokelat sebenarnya tidak berbeda dengan gula putih. Hanya saja diberikan tetes tebu atau molases yang membuat penampilannya lebih cokelat. Selain itu Brown Sugar dan gula pasir atau putih memiliki kandungan yang berbeda

Selain memberikan efek warna coklat tua, proses penambahan molases pada gula putih ini juga memberikan tambahan nutrisi pada gula. Antara lain yaitu kalsium, kalium dan zat besi. Nutrisi tambahan itulah yang menjadi nilai plus dari brown sugar.

Selain memiliki nutrisi yang banyak dari gula putih, gula cokelat memiliki manfaat lainnya. Salah satunya ialah menjaga tekanan darah tetap stabil. Kandungan kalium dalam gula ini dipercaya   bisa menjaga tekanan darah tetap stabil.  Meski begitu, kadar kalium pada gula ini tergolong rendah. Sehingga meski mengkonsumsi gula coklat, Anda tetap disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung sumber kalium, seperti daging ayam, pisang, jeruk, serta brokoli untuk memenuhi unsur kalium.

Manfaat lain dari brown sugar ialah menjaga kesehatan tulang. Brown sugar mengandung kalsium yang bermanfaat menjaga kesehatan tulang. Dengan asupan kalsium yang cukup, bisa membuat tulang kamu tetap kuat sehingga menghindarkan dari kemungkinan osteoporosis.

Tapi, kamu jangan lantas mengandalkan brown sugar sebagai sumber kalsium. Karena banyak jenis makanan dan minuman lain seeperti bayam, tahu, susu rendah lemak, dan yoghurt yang kaya akan kalsium dan aman dikonsumsi secara rutin.

Meski gula cokelat dengan berbagai kandungan nutrisi dan manfaat yang lebih baik ketimbang gula pasir berwarna putih, tetap disarankan untuk tidak mengonsumsi gula coklat secara berlebihan. Karena kadungan kalori pada gula ini tak jauh berbeda dengan gula pasir berwarna putih. Hingga apabila dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan obesitas. Teruntuk kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, sebaiknya berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mengonsumsi brown sugar. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian.  Paskalis Andrew/Berbagai sumber. Paskalis Andrew

Article Lainnya


Tips & Trick Memanggang Seafood

Tips & Trick Memanggang Seafood

Seafood adalah sebutan untuk makanan berupa hewan yang ditangkap dan diambil dari laut ataupun hasil...

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding Ontbijtkoek Ala Kolonial

Puding ontbijtkoek adalah puding berkaramel. Puding berkaramel sangat cocok jika disajikan tepat pes...

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Menggugah Selera Makan dengan Appetizer

Kali ini makanabis akan mengulas tentang macam-macam appetizer. Jika kalian sering ke pesta, pasti t...

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Dialog Nasional Ekonomi Kreatif: “5 Sektor Penentu Pertumbuhan Ekonomi Digital”

Kamar Dagang dan Industri Indonesia menyatakan, ekonomi kreatif bakal menjadi penopang utama ekonomi...

JELAJAH