Kembali ke Article

Mousse, Dessert Lembut dari Prancis:

11 Dec 2019 Food Story
Mousse, Dessert Lembut dari Prancis:
11 Dec/2019

Mousse bisa dibilang sebagai dessert yang paling terkenal di Negara Prancis. Hal yang membuatnya sangat terkenal adalah kelembutan teksturnya yang luar biasa. Gak heran kalau tiap pergi ke restoran yang ada di Prancis, sajian dessert yang akan lebih dulu mereka tawarkan adalah mousse. Sajian yang paling terkenal adalah chocolate mousse.

Tekturnya bahkan lebih lembut dari puding. Bisa dibayangkan betapa lembutnya, kan? Kamu bahkan enggak perlu bersusah payah memakannya, karena begitu masuk ke mulutmu, dia akan langsung melumerkan rasanya. Sehingga, enggak heran kalau dessert ini disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga lansia.

Mousse sendiri memiliki arti foam atau busa (dalam bahasa Prancis), sajian yang berongga. Ini berkaitan dengan tekstur dan juga cara pembuatannya yang memanfaatkan gelembung udara untuk menciptakan tekstur cerah dan berlubang. Mousse bahan dasar krim atau putih telur yang dikocok hingga kaku dan mengembang. Kemudian ditambahkan cokelat atau sari buah. Rasanya manis dan biasanya disajikan dalam keadaan dingin.

Sejarah mencatat, jika mousse telah ada sejak abad ke-18. Hal ini tercatat di dalam buku Supper at Court yang terbit pada tahun 1755 oleh Menon. Memang disana belum disebutkan secara gamblang sebagai “Mousse”, namun cara atau proses pembuatannya mirip seperti pembuatan mousse. Barulah pada tahun 1857, Chocolate mousse (mousse au chocolat) tercatat dalam kamus bahasa Prancis. Mousse mulai disukai oleh masyarakat di AS sejak dipamerkan dalam acara Food Exposition di New York pada  tahun 1897. Pada tahun 1900, sajian ini semakin populer setelah dikenalkan oleh Henri de Toulouse-Lautrec, dimana ia adalah seorang pelukis yang hobi  memasak.

Ada 4 komponen penting dalam pembuatan mousse, yaitu base, aerator, sweetener, dan gelling agent. Base atau pemberian rasa pada mousse seperti cokelat leleh. Aerator merupakan bahan pengembang yang membuat tekstur mousse menjadi ringan. Cara membuatnya yaitu dengan memadukan  putih telur kocok dan krim kocok.

Kemudian untuk sweetenernya, dengan menambahkan gula ke dalam putih telur untuk menjadi adonan meringue supaya tekstur mengembangnya lebih stabil. Penambahan gelatin ini bertujuan untuk mempertahanka bentuk mousse setelah keluar dari cetakan. Ini adalah langkah opsional. Pakai sedikit jika mousse disajikan dalam gelas. Bahkan jika kamu membuat chocolate mousse, kamu tidak memerlukan bahan ini. Tertarik merasakan kelembutan mousse di dalam mulutmu? Sekali coba, dijamin bakal jadi dessert favorit kamu! Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Putri P

Article Lainnya


Resep Lontong Anti Gagal

Resep Lontong Anti Gagal

Masyarakat Indonesia tentu tak asing lagi dengan lontong. Ya, makanan yang satu ini bisa diibaratkan...

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Slurrppp, Nikmatnya Mie Nusantara

Masuknya Bangsa China di Indonesia tak hanya membawa para imigran atau pengaruh budaya saja, namun j...

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Manfaat Ngemil Mangga Muda dengan Garam

Adalah kebiasaan yang lumrah bagi masyarakat Indonesia untuk menikmati berbagai macam buah men...

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Harus Tahu!! 6 Jenis Pastry Renyah Nan Lezat

Di Indonesia, pastry mungkin kurang begitu popular, tapi saat ini hidangan pastry ini sudah mulai po...

JELAJAH