Kembali ke Article

Cara Benar olah Cumi-Cumi

01 Dec 2020 Tips n Trick
Cara Benar olah Cumi-Cumi foto ; chowhoun
01 Dec/2020

Selain udang dan kepiting, cumi-cumi merupakan salah satu makanan laut atau seafood yang sangat populer. Rasanya begitu lezat dan sangat nikmat, memuat cumi menjadi pilihan banyak orang. Namun, kadangkala ketika mengolahnya  cumi masih bau amis atau dagingnya berubah menjadi alot seperti karet.

 

 

 

Makanabis memiliki beberapa   tips  untuk mengolah atau membersihkan cumi agar tidak bau amis. Juga tips mengolah cumi menjadi hingan yang lezat tapi tidak alot. umumnya   penyebab cumi yang alot sampai susah dimakan, yaitu karena cumi terlalu lama ketika dimasak. 

foto : fine dining
foto : fine dining

Pilihlah Cumi Segar 

 

 

Dasar utama dalam mengolah cumi adalah pemilihan bahannya yang segar. Hindari cumi yang telah mengeluarkan bau tak segar apalagi menyengat.  Cumi segar dapat diketahui dari  ciri-ciri mata cumi masih bersih, daging tidak kemerahan, tidak busuk, kulit ari tidak rusak, daging padat dan masih kenyal.

foto : squidezy
foto : squidezy

Pembersihan

 

Langkah kedua adalah membersihkan cumi. Bersihkan tinta yang ada pada cumi dengan hati-hati, jangan sampai berceceran atau meluber ke dagingnya. Kemudian, cabut tulang rawannya yang mirip dengan plastik. Kemudian bersihkan kulit arinya  dengan mengelupaskan kulit bagian luarnya, lalu bersihkan kotorannya, setelah itu cuci dalam air yang mengalir sampai bersih.

foto : squidezy
foto : squidezy

Lumuri

 

Juga bisa melumuri cumi tersebut dengan bahan-bahan penghilang amis. Parutan jahe, asam jawa atau anda bisa menggunakan jeruk nipis. Lumuri cumi-cumi yang sudah dibersihkan, lalu diamkan sejenak. Baru setelah itu, anda bisa mencucinya kembali. Kemudian, anda bisa langsung mengolahnya menjadi hidangan yang begitu lezat. 

foto : ist
foto : ist

Cara Memasak Anti Alot

Agar cumi empuk dan tidak alot, maka yang perlu diperhatikan adalah metode memasaknya. Waktu ideal memasak cumi adalah   3 menit saja. Jika mengolahnya lebih dari itu, bisa dipastikan cumi akan terasa alot. Namun bila sudah terlanjur kelewat waktu, teruskan memasak cumi tersebut sampai kira-kira  30 menit agar daging cumi  kembali menjadi empuk.

 

 

 

Setelah merebus cumi, maka sedapat mungkin segera  masukan daging cumi ke dalam air dingin. Cara ini bertujuan untuk membuat daging cumi tetap empuk dan tidak alot. Apabila cumi  hendak dibuat sup,  maka cara memasak yang benar adalah memasak cumi secara terpisah dari bahan-bahan lainnya. Selamat mencoba.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH