Kembali ke Article

Cara Benar Olah Jerohan

05 Nov 2020 Tips n Trick
Cara Benar Olah Jerohan foto : ist
05 Nov/2020

 

Meski tak sepopuler daging, jerohan memiliki penggemar tersendiri. Bahkan saat harga daging sapi tengah melonjak, jerohan menjadi pilihannya. Namun mengolah jerohan membutuhkan keahlian tersendiri. Tak semua orang bisa mengolah jeroan sapi menjadi kuliner yang enak. Salah olah, aroma jeroan yang menyengat akan masuk ke dalam masakan. Hasilnya, membuat mual, sehingga berakhir di tempat sampah.

 

 

 

Makanabis melihat banyak sekali olahan jerohan yang menjadi kegemaran masyarakat. Soto, coto,  paru goreng, bacem jeroan,  nasi gandul, dan lain sebagainya. Untuk menyiapkan olah jerohan yang enak, perlu dipaham dasar dan cara mengolah jerohan agar tidak berakhir ditempat sampah. Berikut langkah-langkahnya. 

foto : spruce eat
foto : spruce eat

Pencucian

Jerohan yang dibeli di pasar tradisional, terutama babat, membutuhkan perhatian ekstra. Rata-rata belum dibersihkan, utamanya adalah babat yang memiliki banyak lapisan dan lipatan. Jangan gusar, untuk membersihan jerohan sapi gunakan air yang mengalir, lebih baik jika memiliki tekanan air yang cukup membersihkan kotoran yang menempel. Pastikan jerohan itu sudah benar-benar bersih sebelum di masak.

 

 

Rebus 2-3 Kali

 

Sangat mungkin  jerohan sapi mengelurakan aroma yang kurang sedap. Dengan merebus jeroan 2-3 kali terlebih dahulu, dan mengganti airnya setiap akan merebusnya kembali, terbukti bisa menghilangkan bau prengus pada jeroan.  Memasukkan jeroan pada saat air sudah mendidih akan merusak citarasanya. Sebaiknya, masukkan jeroan pada saat air masih dingin kemudian masak dengan api besar selama sekitar 10 menit saja, lanjutkan dengan api kecil.

foto : britannica
foto : britannica

 

Rempah Rempah

Bau juga akan hilang dengan menambahkan rempah-rempah khas Indonesia yang mudah sekali ditemukan di dapur. Jahe, lengkuas, daun salam, dan lain sebagainya. Biasanya, rempah rempah ini dimasukkan ketika jeroan tengah direbus. Kupas, cuci bersih, dan potong potong rempah rempah tersebut kemudian masukkan ke dalam rebusan jeroan sapi. Tambahkan sedikit  garam agar nantinya jeroan tak terasa hambar dan akan menciptakan citarasa yang lebih enak pada masakan.

 

 

 

Memilih Menu

 

Langkah terakhir adalah memilih menu olahan untuk jerohan. Karena tidak semua menu cocok dipadu padankan dengan jerohan. Contohnya,  babat biasanya cocok sekali dimasak dengan menu sambal hijau. Atau jika anda suka pedas, anda bisa mengolah babat dan paru menjadi sambel penyet. Rahasianya jeroan harus di goreng terlebih dahulu hingga garing. Setelah babat dan paru garing, maka anda bisa langsung mengeksekusinya dengan sambel penyet yang pedas. Ada juga menu yang sangat cocok seperti soto, coto, gule dan lain sebagainya. Selamat mencoba

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH