Kembali ke Article

Cara Benar Simpan Sayur di Kulkas

27 Jul 2021 Tips n Trick
Cara Benar Simpan Sayur di Kulkas source : unsplas
27 Jul/2021

 

Sayuran mengandung kadar air tinggi. itulah sebabnya sayuran harus dan hanya bisa  dikonsumsi dan diolah dalam keadaan segar. Namun berlimpahnya produksi sayur membuat kita mau tidak mau harus menyimpan dengan baik agar  sayur yang masih ada dapat digunakan kemudian hari. Berikut ini ulasan cara benar menyimpan sayuran di kulkas. 

 

source : unsplas
source : unsplas

 

Suhu Kulkas

 

Ketepatan suhu pada kulkas menentukan munculnya bakteri atau tidak. Idealnya suhu  kulkas  antara 1-4 derajat celcius. Jika lebih rendah atau lebih tinggi dari itu tinggi dari itu, maka bisa memicu munculnya  bakteri yang dapat merusak aroma, dan rasa pada sayur dan makanan.

 

 

Pisahkan Sayur dan Buah

Banyak buah menghasilkan gas yang disebut etilena. Gas ini  yang mempercepat proses pematangan buah. Jika ada sayur didekat buah mau tidak mau, sayur itu juga akan terpapar gas dan ikut matang. Sayangnya jika sayur matang itu berarti   pembusukan. Hal ini ditandai dengan layu, warna kuning, dan bercak-bercak. Pastikan untuk menyimpan sayuran jauh dari buah-buahan. Letakkan pada wadah yang berbeda.

 

 

 

source : unsplas
source : unsplas

 

Jangan Dicuci

 

Hindari mencuci sayur jika hendak disimpan.  Pencucian akan meningkatkan  kelembaban yang akan mempercepat proses pembusukannya. Hanya Asparagus dan daun bawang yang boleh dicuci atau direndam dalam air agar tetap segar selama disimpan. Dengan catatan  berdiri tegak dan airnya hanya sekitar 2-3cm saja.

Bungkus Sayuran  

 

 

Sebaiknya menyimpan sayuran tidak lebih dari 2-3 hari di kulkas. Hal ini untuk memastikan kesegaran sayuran dan  mendapatkan semua nutrisi sayuran. Namun jika terpaksa harus menyimpan dalam waktu yang lama, maka bungkus sayuran hijau sebelum disimpan.   Bungkus dengan daun atau kertas  sehingga handuk dapat menyerap kelebihan air. Setelah dibungkus kertas, masukkan ke dalam kantong plastik dan simpan di kulkas.

source : unsplas
source : unsplas

 

Buang Batang Sayur

 

Dedaunan yang tersisa di sayuran dan berada di antara sayuran lainnya dapat terus mengeluarkan uap air, ini merupakan hal buruk jika kamu ingin menyimpan untuk waktu yang lama karena membuat sayuran menjadi mudah busuk. Kamu harus memotong tangkai pada sayuran seperti tangkai wortel dan bit sebelum disimpan.

Lama Penyimpanan

 

 

Idelanya menyimpan sayuran di kulkas hanya dalam kisaran  3-5 hari saja. Semakin lama di kulkas akan mempengaruhi kualitas sayur. Lakukan pencatatan dan ingat-ingat kapan sayuran tersebut mulai disimpan. 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH