Kembali ke Article

Cara Mudah Melawan Kolesterol

14 Aug 2020 Healthy Food Minuman
Cara Mudah Melawan Kolesterol
14 Aug/2020

 

Kolestrol bisa membahayakan jika dibiarkan saja. Sudah sewajarnya, pencegahan kolesterol harus dilakukan sedini mungkin. Dan cara termudah melawan kolesterol adalah dengan menggunakan jus buah dan sayur. Makanabis berhasil menghimpun dari berbagai sumber, beberapa resep mudah berbahan dasar buah dan sayuran. Begitu mudahnya bahkan Anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Berikut beberapa resepnya : 

 

Apel, Wortel, dan Seledri

Jus penurun kolesterol dapat dibuat dengan mencampurkan  apel, wortel, dan daun seledri. Siapkan 2 buah wortel, 2 lembar daun seledri, dan 2 buah apel hijau. Potong seledri sekitar ½  sampai ¾ bagian, kemudian potong wortel dan apel menjadi potongan-potongan kecil. Setelah itu, masukan dalam juicer atau blender hingga halus.

 

 

Hasil jus yang akan didapatkan sekitar 375 ml. Jika ingin jus yang lebih banyak, bisa ditambahkan dengan   mentimun. Catatan: ada sedikit rasa pahit pada jus ini karena daun seledri, namun khasiatnya sangat ampuh untuk memerangi kolesterol jahat. 

Apel, Lemon, Paprika, dan Seledri

Resep  selanjutnya adalah dengan  campuran buah apel, lemon, paprika, dan seledri. Seperti resep sebelumnya, hanya ada penambahan  lemon dan paprika.

 

2 buah apel hijau,  2 lembar daun seledri, 2 buah paprika, dan 1 potongan lemon, jangan dikupas. Potong seledri sekitar ½ sampai ¾ bagian, lalu potong apel dan paprika menjadi potongan-potongan kecil. Tambahkan irisan lemon sebelum semua bahan masukan dalam juicer atau blender. Jus penurun kolesterol ini sebanyak 400ml. Agar lebih segar, tambahan irisan lemon untuk mengurangi rasa getir. 

 

Apel, Wortel, Jahe, bayam, Bawang Putih dan Peterseli

Resep ketiga lebih banyak jenis sayuran yang digunakan untuk membuat jus penurun kolesterol. Siapkan 1 genggam bayam, 1/2 sendok makan daun peterseli,  4 buah wortel, 1/2 jahe, 1 siung bawang putih, dan 1 buah apel.

 

Cara membuatnya adalah potong  bayam, peterseli, dan jahe sekitar ½ sampai ¾ bagian agar tidak menyumbat mesin penggiling, lalu potong apel dan wortel menjadi potongan-potongan kecil, serta tambahkan 1 siung bawang putih yang telah dikupas kulitnya. Setelah itu, haluskan semua bahan dengan memasukkannya ke dalam blender.

 

Fakta ilmiahnya, mengonsumsi ketiga jus tersebut setiap hari selama 1 bulan dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol dari 300mg / DL menjadi 190mg / DL. Selamat mencoba.

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH