Kembali ke Article

Cara Mudah Obati Sariawan

28 Sep 2021 Khasiat
Cara Mudah Obati Sariawan
28 Sep/2021

 

Sariawan alias stomatitis aftosa terjadi karena mulut menderita cedera oleh  bercak-bercak putih kekuningan. Saat tersentuh atau terkena makanan yang masuk ke mulut akan sangat terasa menyiksa. Penyebabnya ada banyak namun yang pasti secara medis, sariwan muncul karenan defisiensi zat besi, vitamn B 12 dan vitamin C. 

 



Sariawan bukan tidak bisa diobati, malahan, ada banyak obat-obatan alami untuk mengatasi rasa tak nyaman akibat sariawan. Berikut ini makanabis akan membagi beberapa bahan yang dapat dipakai untuk meredakan dan mencegah sariawan muncul di bibir dan lidah.

 

Air Kelapa

Sejak lama, air kelapa dikenal memiliki khasiat. Dapar membuat sistem pencernaan terasa tenangm karena fungsinya yang mampu mendinginkan lambung. Sifatnya yang dingin itu mampu menjadi obat bagi luka akibat sariawan. Air kelapa juga menjamin tubuh tetap cukup terhidarsi.

 

 

Madu dan Pisang

Cara mudah lainnya adalah madu dan pisang. Kedua bahan tersebut dibuat menjadi pasta. Lumat pisang dengan sendok, kemudian campurkan madu secara perlahan-lahan agar tercampur sempurna. Kemudian tempelkan pasta tersebut pada bagian mulut yang terluka.

 

 

source : healthline
source : healthline

 

Baking Soda dan Garam

Obat alami yang ketiga adalah menggunakan baking soda dan garam. Campurkan kedua bahan tersebut dengan air, setelah menjadi larutan, pakai untuk kumur atau oleskan pada sariawan atau luka dalam mulut. Biarkan larutan ini bekerja dengan memberinya waktu antara 5 sampai 10 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

 

 

Daun jambu biji

Tak hanya untuk mengobati diare, daun jambu biji ternyata juga efektif untuk pengobatan sariawan. Caranya sangat mudah, cukup kunyah  mengunyah beberapa helai daun jambu biji dan digunakan sebagai campuran berkumur.

 

Yoghurt

Yoghurt adalah salah satu jenis makanan yang dapat menjaga keseimbangan bakteri di tubuh dan mulut. Rutin konsumsi yoghurt dapar mempercepat proses penyembuhan luka sariawan. Konsumsi yoghurt secara rutin adalah cara jitu untuk mencegah sariawan. 

Article Lainnya


Viral Korean Strawberry Milk

Viral Korean Strawberry Milk

Minuman populer di Korea saat ini adalah susu stroberi. Umumnya kafe-kafe disana menya...

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Buat Sendiri Kaldu Udangmu

Kaldu daging atau makanan laut menambah rasa yang luar biasa pada sup, semur, dan saus. Meskipun mun...

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

6 Ciri Fisik Kolestrol Sedang Tinggi

Secara medis kolesterol dapat dijelaskan sebagai senyawa lemak yang diproduksi oleh se...

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan  Muslim, Kristen dan Yahudi

Taybeh Beer, Bir Halal yang Menyatukan Muslim, Kristen dan Yahudi

Hingga detik ini, perdamaian belum pernah terjadi di tanah Palestina. Negara yang diduduki I...

JELAJAH