Kembali ke Article

Cocok Disantap Saat Musim Hujan, Ini Sambal Paling Populer di Indonesia

Cocok Disantap Saat Musim Hujan, Ini Sambal Paling Populer di Indonesia Sumber : wikipedia.org
04 Jan/2020

Saat musim hujan, pasti rasa lapar akan lebih meningkat daripada biasanya. Hal ini disebabkan karena penurunan suhu tubuh saat cuaca sedang dingin sehingga menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak pembakaran dan energi, yang salah satunya didapatkan dari makan. Untuk mengatasi rasa lapar tersebut, tak jarang banyak orang Indonesia yang memilih untuk mengonsumsi makanan, seperti sambal. Selain menghangatkan tubuh, cabai juga dapat menambah nafsu makan. Oleh karenanya Makanabis menampilkan beberapa sambal berikut bisa jadi pilihanmu kala rasa lapar melanda saat hujan turun.

 

Sambal Terasi

Bisa dikatakan bahwa sambal terasi adalah sambal paling populer di Indonesia. Bahkan, di setiap daerah memiliki varian sambal terasinya tersendiri. Kepopuleran sambal terasi juga dibuktikan dengan banyaknya produsen yang memproduksi sambal terasi kemasan untuk diperdagangkan dalam skala yang lebih luas. Cara membuat sambal terasi pun terbilang sangat mudah, yakni hanya dengan bahan-bahan seperti terasi, tomat, bawang merah dan putih. Teri atau pete juga bisa ditambahkan didalam adonan sambal terasi. 

Sumber : fimela.com
Sumber : fimela.com

Sambal Kacang

Sambal kacang juga tak kalah populer dari sambal terasi. Sambal kacang sering kita temui sebagai pendamping sate, ikan bakar, maupun gorengan. Membuat sambal kacang juga terbilang sangat mudah. Hanya dengan menggoreng semua bahan, seperti bawang, kacang, dan cabai lalu diulek dan ditambahkan kecap serta bawang goreng, sambal kacang sudah siap dinikmati.

Sambal Ijo

Dinamakan sambal ijo karena bahan dasar dalam pembuatan sambal ini adalah cabai hijau. Meskipun tak sepedas cabai rawit merah, cabai hijau sangat direkomendasikan bagi pecinta kuliner pedas. Cara pembuatan sambal ijo terbilang sangat mudah. Hanya dengan menghaluskan bahan-bahan, seperti cabai hijau, tomat hijau, bawang. Sambal ijo biasa dijadikan pelengkap saat memakan olahan bebek, ayam, ikan, maupun telur. 

Sumber : caramembuat.id
Sumber : caramembuat.id

Sambal Matah

Sambal khas Bali ini memang sangat banyak disukai oleh orang-orang Indonesia saat ini. Sambal matah terbilang sangat mudah dibuat daripada jenis sambal lainnya. Hal tersebut dikarenakan bahan-bahan yang digunakan dalam sambal matah tidak melalui proses pemasakan. Rasa yang khas dari irisan bawang merah dan cabai segar menjadikan sambal ini sangat cocok dipadukan dengan ikan maupun ayam goreng.

Sumber : sajiansedap.grid.id
Sumber : sajiansedap.grid.id

Sambal Pencit

Sambal mangga atau sambal pencit sangat cocok di lidah penyuka rasa masam dan pedas. Sambal pencit biasa disajikan dengan ikan, ayam, atau bebek goreng dan dimakan dengan nasi putih hangat. Perbedaan sambal pencit dengan yang lainny hanya terletak pada tambahan irisan tipis-tipis dan memanjang dari mangga muda. Mangga mudah yang telah diiris tipis-tipis dan memanjang tersebut tinggal ditambahkan pada ulekan cabai dan bawang atau pada olahan sambal terasi.

Jika dihitung, varian sambal di Indonesia sangat lah banyak. Bahkan dari salah satu sambal yang disebutkan diatas bisa memiliki berbagai varian karena perbedaan bahan dan cara pembuatan. Oleh karenanya, tak heran jika banyak yang mengatakan bahwa sambal adalah makanan utama setelah nasi bagi orang Indonesia. Sudah gak zaman makan diresto pake antri, Pre Oderkan menu pilihanmu, dapatkan diskon hingga 69%, penasaran? cari tahu di meeberian. Inas

Article Lainnya


Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Asam-Asam Tulangan Khas Banjar

Setelah Idul Adha biasanya stok daging masih tersisa melimpah di kulkas. Yang agak ribet adalah menf...

Minyak Ikan, Untuk  Berat Badan Ideal

Minyak Ikan, Untuk Berat Badan Ideal

Memiliki postur yang ideal adalah idaman semua orang. Tentu saja semua itu mensyaratkan pemenuhan ke...

Ini Rahasia Ayam Goreng  Lunak Hingga Tulang

Ini Rahasia Ayam Goreng Lunak Hingga Tulang

Konsumsidaging ayam di Indonesia terus meningkat. Jika di 2017 sudah mencapai 5,68 kg per kapi...

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sejuta Khasiat Sarang Walet

Sarang walet terbuat dari air liur burung walet yang mengering seiring dengan pertumbuhan sarang. Ai...

JELAJAH