Kembali ke Article

Cukup Rebusan Ciplukan Obatnya

26 Oct 2020 Khasiat
Cukup Rebusan Ciplukan Obatnya  foto : treknature
26 Oct/2020

Ciplukan atau Cecendet adalah tanaman liar yang berukuran kecil. Memiliki buah dengan ukuran kecil yang dilindungi dalam mahkota.  Meski ukurannya   kecil, namun dalam berbagai literatur hampir seluruh bagian tumbuhan ini memiliki manfaat kesehatan.

 

Kali ini makanabis akan mengulas mengenai manfaat daun ciplukkan bagi pengobatan berbagai penyakit.  Dan setelah dilakukan analisa laboratorium, daun ciplukan menangandung senyawa   polifenol, flavonoid, tanin, saponin, alkaloid, serta C27H44O-H2O. 

seluruh bagiannya dapat digunakan sebagai obat.
seluruh bagiannya dapat digunakan sebagai obat.

 

Mengobati Vertigo


Vertigo memang sangat mengganggu, untuk mengatasinya, gunakan daun ciplukan beserta juga batang serta akarnya. Seluruhnya bisa Anda kombinasikan dengan merebusnya bersama-sama hingga mendidih. Setelah diangkat, saringlah supaya ampasnya bisa dipisahkan. Ramuan yang masih hangat bisa Anda konsumsi sehari 3 kali serutin mungkin.

 

Sariawan


Tak ada yang menyebalkan selain sariawan. Mulut jadi tak nyaman. Sariawan adalah  tanda bahwa tubuh sedang kekurangan asupan vitamin C. Untuk mengatasinya, salah satu cara ampuh adalah dengan mengonsumsi air rebusan daun ciplukan atau mengonsumsi buah ciplukan.

Hanya butuh direbus dan air mineral.
Hanya butuh direbus dan air mineral.

 

Nyeri Sendi


Bagi yang mengalami nyeri di bagian sendi, cobalah untuk melumatkan   daun ciplukan secukupnya ditambah kapur sirih yang kemudian dijadikan obat kompres alami. Melakukan rutin lebih dianjurkan supaya cepat sembuh.

 

Rematik


Untuk rematik, tinggal tumbuk saja daun ciplukan ditambah kapur sirih lalu dikompreskan atau tempelkan pada bagian yang sakit dan pegal. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

Diminum secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.
Diminum secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

 

Kelenjar Getah Bening


Untuk bengkak pada kelenjar getah bening, daun ciplukan bisa diandalkan sebagai obat alami yang ampuh. Tinggal rebus beberapa lembar daun ciplukan dan air rebusannya dapat Anda minum secara rutin. Jangan lupa, saat mengkonsumsi rebusan ini, Anda juga harus banyak mengkonsumsi minum air.

 

 

Mengobati Diabetes


Penyakit diabetes atau kencing manis bila dibiarkan dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan tubuh kita. Bukan hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, melainkan bagian daun, akar dan batang juga bisa diramu dengan merebusnya. Air rebusan itulah yang diminum secara rutin sehari 3 kali hingga kadar gula darah normal dan stabil.

Article Lainnya


Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Ingin Sehat? Konsumsi Jahe Merah

Jahe memiliki nama latin Zingiber officinale varietas Rubrum. Berbeda dengan jahe pada umumnya...

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Hangatkan Malam Natal dengan Gluhwein

Perayaan Natal akan lebih hangat jika dirayakan bersama keluarga. Tak lupa beserta sajian berupa mak...

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Sambut Natal dengan Kue Lapet Khas Batak

Saat Natal tiba, berkumpul bersama keluarga adaah momen yang tak boleh dilewatkan. Sambil bercengkra...

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Rahasia Kuliner Korsel Jadi Icon Dunia

Akibat dari demam Korea atau Korean wave, sangat mudah bagi kita menemukan makanan khas Korea Selata...

JELAJAH