Kembali ke Article

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!!

Daging Kambing Picu Hipertensi? Ini Penjelasannya!! Image Source: https://www.tusaladeespera.es/
21 Oct/2020

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi dimana jantung dipaksa untuk memompa darah lebih keras ke seluruh tubuh. Penderita hipertensi biasanya akan berujung pada penyakit gagal ginjal, stroke, dan gagal jantung. Untuk menghindari penyakit tersebut, lumrah bagi banyak orang untuk menghindari konsumsi daging kambing.

 

 

Daging kambing santer dibicarakan sebagai salah satu penyebab utama terjadinya hipertensi. Tak dapat dipungkiri anggapan tersebut muncul karena makanan tak sehat dapat memicu hipertensi. Namun, apakah daging kambing benar-benar menjadi penyebab utama hipertensi? Makanabis akan mengulasnya berikut ini.

foto : makanabis
foto : makanabis

Daging kambing memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Meskipun begitu, lemak jenuh daging kambing tidak lebih tinggi daripada daging kerbau, sapi, atau ayam. Lemak tak jenuh dalam daging kambing juga disiniyalir lebih tinggi dibandingkan dengan kadar lemak jenuhnya. Tentu saja hal ini cukup menjadi bukti bahwa daging kambing bukan penyebab utama hipertensi.

 

 

Lantas, mengapa selama ini banyak penderita hipertensi yang menghindari konsumsi daging kambing? Jawabannya terletak pada cara mengolahnya. Cara memasak daging kambing yang kurang tepat tentu akan mengurangi bahkan merusak kandungan gizi yang baik bagi tubuh. 

 

 

 

Di Indonesia, daging kambing umum dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau digoreng dimana daging kambing akan beradu dengan minyak goreng, mentega, maupun margarin yang tinggi kalori. Selain itu, memasak daging kambing juga sering tidak bisa dilepaskan dari penggunaan santan dan garam yang  memiliki kandungan lemak jenuh yang cukup tinggi. Maka dari itu, penderita hipertensi tetap diperbolehkan mengonsumsi daging kambing dengan tetap memperhatikan cara pengolahannya.

 

Article Lainnya


Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Ingin Rambut Cepat Panjang? Pakai Masker Seledri

Rambut panjang yang tebal, halus, dan sehat adalah dambaan banyak wanita. Namun, berbagai permasalah...

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Rahasia Bumbu Ungkep Ala Penyetan

Menikmati daging ayam, bebek, tempe, maupun ikan ala ‘penyetan’ dengan sambal super peda...

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Gurih Mie Lendir Khas Kepulauan Riau

Saat berkunjung ke Tanjungpinang, Kepulauan Riau, tidak afdhol rasanya jika tidak mencicipi mie lend...

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes, Cemilan Peninggalan Para Meneer

Poffertjes suguhan tradisional Belanda. Serupa dengan pancake kecil dan lembut, mereka dibuat ...

JELAJAH